Share

Mulai 1 Oktober, Kanada Cabut Semua Aturan Covid-19 untuk Wisatawan

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 16:09 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Freepik)

KABAR baik bagi para wisawatan yang hendak mengunjungi Kanada. Pasalnya, mulai awal Oktober mendatang, Kanada tak lagi menerapkan aturan pembatasan terkait Covid-19 untuk wisatawan.

Mengutip laporan Channel News Asia, Selasa (27/9/2022) Kanada akan menghapus segala aturan pembatasan Covid-19 mulai Sabtu 1 Oktober 2022. Aturan ini berlaku untuk syarat perjalanan bagi wisatawan, yang bebas persyaratan pengujian (testing Covid-19), karantina, dan isolasi.

Tidak hanya itu, aturan syarat memakai masker di pesawat dan kereta api juga akan ditinggalkan. Wisatawan juga tidak perlu lagi mengirimkan informasi kesehatan melalui aplikasi ArriveCAN dan memberikan bukti vaksinasi.

Pemerintah Kanada menilai, penghapusan ini bisa dilakukan dengan melihat cakupan vaksinasi, ketersediaan vaksin dan perawatan baru. Serta penelitian ilmiah yang menunjukkan telah melewati puncak gelombang infeksi Covid-19 yang terbaru.

"Terima kasih kepada sebagian besar warga Kanada yang sudah divaksinasi. Kita sudah sampai di titik , di mana bsisa dapat dengan aman mencabut tindakan sanitasi di perbatasan," kata Menteri Kesehatan Kanada, Jean-Yves Duclos.

Bahkan untuk cakupan vaksinasi, diketahui sekitar 90 persen anak berusia di atas 12 tahun sudah mendapatkan vaksin pertama Covid-19. Ditambah Kanada telah mengizinkan suntikan bivalen Covid-19 Moderna untuk orang dewasa.

Meski sudah melakukan pelonggaran, pemerintah Kanada menegaskan pihaknya siap menerapkan aturan pembatasan lagi di masa mendatang jika memang dibutuhkan karena situasi yang terjadi.

“Jelas kami tidak berharap harus menerapkan aturan pembatasan Covid-19 ini. Namun jika itu diperlukan untuk melindungi keselamatan warga Kanada, kami harus melakukannya," tandas Menkes Jean.

 BACA JUGA:Kapan Indonesia Lepas Masker? Ini Jawaban IDI

BACA JUGA:Singapura dan Malaysia Sudah Lepas Masker, Indonesia Masih Belum Boleh nih?

1
2