Share

Pandemi Covid-19 Masih Ada, Kemenkes Genjot Vaksinasi untuk WNA yang Menetap di Indonesia

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 11:08 WIB
$detail['images_title']
Vaksinasi (Foto: Freepik)

MENCEGAH laju penularan dan sekaligus memulihkan perekonomian serta pariwisata Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) diketahui saat ini memperluas progam vaksinasi Covid-19 untuk Warga Negara Asing (WNA).

Warga Negara Asing (WNA) yang dimaksud adalah WNA dengan ijin tinggal atau mempunyai Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS)/ Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP). Juru Bicara Kemenkes, dr. Syahril mengatakan vaksinasi bagi WNA ini berfokus untuk mencegah penularan dari WNA yang menetap sementara atau permanen di Indonesia.

"Sebagai salah satu upaya kami untuk memastikan WNA yang tinggal atau menetap sementara dan permanen mendapatkan kemudahan akses vaksinasi. Sekaligus juga untuk mencegah kemungkinan penularan” ujar dr. Mohammad Syahril dikutip dari laman resmi Kemenkes, Selasa (27/9/2022).

Dalam pelaksanaaannya, vaksin yang digunakan adalah jenis vaksin sudah mendapatkan persetujuan penggunaan pada masa darurat (emergency use authorization) atau penerbitan nomor izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Vaksinasi bagi WNA yang pelaksanaannya dimulai pada September 2022 di fasilitas pelayanan kesehatan atau pos pelayanan vaksinasi Covid-19 ini, dengan catatan bisa diberikan untuk warga negara asing yang memang belum sama sekali divaksin Covid-19 di negara asalnya.

“Pelaksanaan vaksinasi ini berlaku bagi WNA yang sama sekali belum mendapatkan vaksinasi di negaranya, WNA yang melanjutkan vaksinasi dosis berikutnya, sampai WNA yang ingin mendapatkan booster,” kata dr. Syahril.

Sebagai informasi, bagi WNA yang berminat bisa mendaftar melalui sistem informasi satu data vaksinasi Covid-19 untuk mendapatkan e-ticket yang bisa didapatkan melalui situs PeduliLindungi.id.

 BACA JUGA:Kapan Indonesia Siap Akhiri Pandemi Covid-19?

BACA JUGA:Konsumsi Gula Berlebih Picu Penyakit Jantung? Begini Kata Dokter

1
2