Share

Heboh Es Teh Kekinian Kemanisan, Ternyata Bisa Sebabkan PCOS!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 10:25 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Ist)

KEHEBOHAN es teh kemanisan membuat tak sedikit orang khawatir akan dampak gula berlebihan untuk tubuh. Memang, cara terbaik untuk terhindar dari bahayanya adalah tidak mengonsumsinya. Namun godaan minuman manis itu tak dapat dihindarkan.

Oleh karena itu, beberapa pakar mengingatkan agar mengontrol asupan gula harian yang tak lebih dari 4 sendok makan per hari. Ada banyak bahaya yang mengintai ketika konsumsi gula berlebihan. Selain dapat menyebabkan diabetes, para wanita dapat berisiko terkena Polycystic Ovarian Syndrome atau yang dikenal sebagai PCOS.

 teh

Kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan hormon pada wanita. Hal ini berakibat mengecilnya kesempatan seseorang untuk hamil. Dikutip dari Healthline, Selasa (27/9/2022), kondisi PCOS membuat perempuan memiliki hormon lelaki lebih tinggi di dalam tubuhnya.

Ketidakseimbangan hormon itu membuat siklus haid tidak teratur. Selain itu pertumbuhan bulu atau rambut sangat lebat pada bagian wajah dan tubuh. Jika kondisi ini terus berlanjut juga menyebabkan kemungkinan terjadinya diabetes dan penyakit jantung.

Ciri-ciri pengidap PCOS lainnya yaitu terjadi pendarahan berat saat menstruasi karena penumpukan lapisan rahim untuk jangka panjang. Munculnya jerawat juga menjadi tanda bahwa hormon pria meningkat dalam tubuh seorang perempuan.

Meski begitu, untuk mengetahui kepastian apakah seseorang mengidap PCOS atau tidak, harus melalui serangkaian pemeriksaan lengkap. Setelah dipastikan benar, penderita PCOS akann menerima terapi seperti pelaksanaan diet, minum obat tertentu, suntik hormon, atau suntik insulin.

Mengetahui demikian bahaya yang dihadapi ketika memiliki kelebihan kadar gula dalam tubuh. Apakah Anda masih ingin minum minuman manis berlebihan hari ini?

Follow Berita Okezone di Google News

(vvn)