Share

Jangan Langsung Ngemil Berlebihan, Coba 3 Tips Sehat Ini untuk Atasi Overthinking

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Senin 26 September 2022 18:45 WIB
$detail['images_title']
overthinking, (Foto: Freepik)

OVERTHINKING tak terhindarkan pada sebagian orang. Rasa takut yang dibarengi dengan pemikiran terlalu jauh akan kemungkinan hal-hal terburuk ini memang melelahkan.

Selain bikin capek, terus-terusan overthinking juga membuang waktu yang sebetulnya bisa digunakan untuk melakukan hal lain. Misalnya beristirahat, me time, atau melakukan sesuatu yang produktif.

Saat sedang overthinking lalu stres, kebanyakan orang terutama perempuan biasanya menjadikan makanan sebagai sasaran pelepasan rasa kecemasan tersebut.

Eits! Padahal, ada solusi yang lebih sehat untuk mengatasi overthinking yang bisa Anda coba. Mewarta Cleveland Clinic dan Verywellmind, Senin (26/9/2022), yuk intip ulasan tiga cara sehat atasi overthinking di bawah ini.

1. Cari bantuan professional: Bila Anda merasa kesulitan untuk mematikan pikiran di malam hari atau pemikiran berlebihan atau memengaruhi kehidupan sehari-hari, cobalah bicara dengan psikolog atau psikiater. Hindari self diagnose atau mendiagnosa diri sendiri yang bisa berujung dengan penanganan tak tepat.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Terapi kognitif: Pengobatan yang paling efektif adalah terapi perilaku kognitif. Terapis akan membantu untuk menantang pikiran negatif dan mengembangkan keterampilan mengatasi yang bisa membantu meringankan kekhawatiran.

3. Ubah pola hidup: Sebaiknya, jangan lupa untuk menerapkan kebiasaan sehat seperti makan makanan yang seimbang, aktif bergerak, dan rutin berolahraga. Hindari semua hal atau kebiasaan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental.

 BACA JUGA:3 Tips Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Dicoba Yuk!

1
2