Share

8 Gejala Ringan Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Kelelahan Ekstrem

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 05:05 WIB
$detail['images_title']
Mengalami kelelahan ekstrem (Foto: The independent)

SERINGKALI gejala ringan kolesterol tinggi tak disadari. Padahal, gejala kolestrol tinggi yang diabaikan bisa berdampak fatal.

Kolesterol sendiri adalah zat seperti lemak yang sejatinya tetap dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk membran sel, hormon tertentu, dan vitamin D. Tapi, kalau kadar kolesterol sudah berlebihan, ini berisiko sebabkan masalah kesehatan.

 kolesterol tinggi

Gejala kolesterol tinggi seringkali sifatnya ringan. Akibatnya, gejala ini kerap diabaikan, sehingga membuat seseorang tidak cukup peduli pada kenaikan kadar kolesterol yang terjadi dalam tubuhnya.

So, apa gejala ringan kolesterol tinggi tersebut?

Menurut laman Visit Complete Care, kolesterol tinggi itu biasanya memang tidak menimbulkan gejala apapun sampai akhirnya terjadi kondisi darurat.

"Satu-satunya cara untuk tahu apakah kadar kolesterol Anda tinggi, ya, melalui tes darah," terang laman kesehatan tersebut.

 BACA JUGA:4 Rekomendasi Susu yang Aman Diminum Penderita Kolesterol Tinggi

"Membiarkan kolesterol tidak diobati dapat menyebabkan penumpukan plak dari waktu ke waktu, merusak jantung dan menempatkan Anda pada risiko serangan jantung atau stroke," tambah laporan itu.

Berikut beberapa gejala ringan kolesterol tinggi yang harus diwaspadai:

1. Mual

2. Mati rasa

3. Bicara 'belibet'

4. Kelelahan ekstrem

5. Nyeri dada atau angina

6. Sesak napas

7. Demam

8. Tekanan darah tinggi

"Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang gejala yang Anda alami, jangan menunggu untuk pergi ke ruang gawat darurat 24 jam terdekat. Petugas kesehatan di sana akan memeriksa kerja darah Anda, serta menjalankan tes untuk memastikan tidak ada sesuatu yang besar terjadi," tambah laporan itu.

1
2