Share

Bingung Gosok Gigi Sebelum atau Sesudah Sarapan? Ini Kata Ahli!

Kiki Oktaliani, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 06:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Ist)

SEBAGIAN orang mungkin memiliki kebiasaan menggosok gigi di pagi hari, karena sensasi tak nyaman yang ditimbulkan pada mulut.

Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menyarankan untuk menggosok gigi sebanyak dua kali dalam sehari. Jadi, kapankah waktu yang tepat untuk menggosok gigi di pagi hari, sebelum atau sesudah sarapan? 

Bau mulut

Ada beberapa manfaat dari menggosok gigi sebelum sarapan atau saat mandi dan bangun tidur. Saat kamu tidur, bakteri penyebab plak di mulut dan berkembang biak. Itulah bagian dari mengapa kamu mungkin bangun dengan rasa "berlumut" dan "napas pagi".

Menggosok gigi dengan pasta gigi berfluoride membersihkan gigi dari plak dan bakteri. Hal ini juga melapisi email gigi terhadap asam pada makanan yang dikonsumsi pada pagi hari.

Dilansir dari Healthline.com, Selasa (27/9/2022), dianjurkan untuk menghindari menggosok gigi setelah makan setidaknya selama 30 menit jika kamu mengonsumsi sesuatu yang asam. Makanan dan minuman sarapan seperti roti panggang, jeruk, dan kopi.

Selain itu, ketika kamu menggosok gigi di pagi hari, hal ini juga berkaitan dengan produksi air liur. Terdapat suatu penelitian kecil yang terdiri dari 21 orang dewasa. Dimana yang lebih tua menunjukkan bahwa setelah menggosok gigi, para peserta penelitian produksi liur mereka melonjak hingga 5 menit. Air liur membantu makanan agar terurai dan secara alami membunuh bakteri berbahaya di mulut.

Follow Berita Okezone di Google News

Jika kamu adalah orang dengan kebiasaan menggosok gigi setelah sarapan, berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat. Menggosok gigi segera setelah makan pagi sebenarnya dapat menutupi gigi dari sisa-sisa makanan asam, yang melemahkan email Anda. Berikut ini adalah beberapa makanan mengandung asam, yang dapat melemahkan email gigi seperti jus jeruk, buah jeruk, buah kering, roti, atau kue kering.

Jadi, menggosok gigi memiliki kemungkinan yang buruk untuk gigi. Tunggu selama 30 menit hingga satu jam setelah makan untuk menyikat gigi. Hal ini adalah cara terbaik untuk memastikan untuk melindungi gigi dan tidak merusak email gigi.

American Dental Association merekomendasikan untuk menunggu 60 menit setelah makan sebelum menyikat gigi, terutama setelah mengonsumsi makanan asam. Minum air atau kunyah permen karet bebas gula setelah makan untuk membersihkan gigi sebelum menyikat gigi.

1
2