Share

Waspada 4 Persen Orang Tidak Merokok Kena Kanker Paru, Ini Penyebabnya Kata Dokter Paru!

Kevi Laras, Jurnalis · Minggu 25 September 2022 12:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (foto: istimewa)

KETUA Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K) mengungkap sekitar 4% orang tidak merokok kena penyakit kanker paru. Hal tersebut, dikatakan dampak dari polusi.

Angka ini berdasarkan data riset 2013 dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, sebanyak 300 orang masuk ruang inap karena mengidap kanker paru.

 kanker paru

"Dari RSUP Persahabatan punya riset tahun 2013 disitu kita lihat 300 orang yang sakit kanker paru di rawat inap. Kemudian kita wawancara sumber penyakitnya dari mana dan faktor risikonya tinggi, ada 4% yang dia tidak merokok dan dia adalah orang-orang bekerja diluar ruangan yang tiap hari terkena polusi," ungkap Ketua Umum PDPI Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K) dalam Pertemuan Ilmiah Khusus PDPI 2022 in Conjunction with The 2nd Indonesian Chronic Lung Disease International Meeting (ICLIME) di Jakarta, Sabtu (24/9/2022)

Kondisi ini tidak disadari oleh masyarakat akan dampak polusi terhadap kesehatan. Pasalnya, 4% bukanlah perokok atau orang bekerja di Pabrik yang biasa menghirup uap, melainkan di luar ruangan dan tidak pakai masker.

(vvn)