Share

Cedera saat Olahraga Bisa Berdampak Serius, Ini yang Harus Dilakukan

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 24 September 2022 11:56 WIB
$detail['images_title']
Cedera saat olahraga (Foto: Livestrong)

CEDERA olahraga dapat dialami oleh siapa saja. Bukan cuma atlet, tapi juga Anda yang aktif olahraga bila salah tekniknya.

Royal Sports Performance Centre (RSPC) mengedukasi atlet dan penggiat olahraga terkait dengan pencegahan, skrining, pengobatan cedera olahraga. Hal ini penting agar siapapun tahu dengan tindakan medis dan pertolongan pertama saat olahraga.

Cedera Olahraga

Dijelaskan Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi, Konsultan Sports Injury dr. Bobby Nelwan SpOT (K), cedera olahraga merupakan hal yang sangat krusial bagi atlet profesional maupun penggiat olahraga. Saat cedera terjadi, Anda waji konsultasi ke dokter spesialis yang ahli di bidangnya.

"Gunanya untuk mengetahui tindakan dan proses penyembuhan apa yang harus diambil. Sehingga dokter dapat membantu memberikan diagnosa tepat bagi pasien," ujarnya.

Selain itu, kata dr Bobby, bisa membantu proses penyembuhan sesuai medis. Kelak, Anda dapat melakukan aktivitas olahraga kembali dengan aman.

Sang dokter pun mengenalkan teknikArthroscopy untuk pengobatan cedera olahraga. Teknik ini bisa mendeteksi, mendiagnosis, dan mengatasi berbagai masalah pada persendian.

Ada pula fisioterapi, sport massage, peningkatan performa kebugaran dengan melakukan berbagai sport-specific fit test, konsultasi nutrisi bagi atlet agar tetap prima, hingga peningkatan performa melalui kondisi psikis yang baik agar pasien tak trauma olahraga.

"Semua aktivitas diawasi langsung oleh tenaga medis profesional sehingga membantu performa secara efektif dan efisien," imbuhnya.

(hel)