Share

Viral Challenge Masak Ayam Pakai Obat Batuk Pilek, Ini Bahayanya!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Jum'at 23 September 2022 09:47 WIB
$detail['images_title']
Viral masak ayam pakai obat batuk pilek (foto: Tiktok/@whyareyouruining/@janelleandkate)

BERBAGAI cara dilakukan anak jaman sekarang untuk viral di media sosial. Terkadang caranya tidak masuk akal. Seperti kali ini. Muncul sebuah challenge yang aneh tapi viral di Amerika Serikat (AS). Yaitu harus mengolah ayam dengan menggunakan obat untuk batuk pilek.

Challenge ini pertama kali diunggah oleh akun @dr_t.z._pod di Tiktok. Dalam video tersebut terlihat 2 potong ayam yang berada dalam wajan, kemudian disiram oleh cairan obat batuk pilek berwarna biru. Diketahui obat yang digunakan bermerk Nyquil. Tampilannya cukup mengerikan! Namun ini bahkan dijadikan tren di Tiktok dengan hashtag #Sleepychicken.

  viral obat batuk

Challenge ini akhirnnya memuncul berbagai kecaman. Rata-rata netizen berpendapat bahwa orang yang melakukan tantangan memasak ayam dengan obat ini membuang-buang makanan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) AS juga mengambil tindakan terhadap challenge aneh tersebut. Mereka mengeluarkan peringatan agar tidak ikut melakukan Challenge #sleepychicken. Hal ini karena dalam obat batuk pilek Nyquil itu terdapat kandungan acetaminophen, dextromethorphan dan doxylamine.

Zat itu cukup berbahaya jika dimasak, karena akan membuat konsentratnya berubah. "Bahkan jika Anda tidak makan ayam, menghirup uap obat saat memasak dapat menyebabkan tingkat obat yang tinggi masuk ke tubuh Anda. Itu juga bisa melukai paru-paru Anda," ungkap BPOM AS dikutip dari NPR.org, Jumat (23/9/2022).

TikTok pun juga telah memberikan peringatan pada tantangan, yang dikenal sebagai #sleepychicken. Saat Anda mencoba mencari video tentang #sleepychicken di TikTok, pengguna akan disambut dengan pesan, "Beberapa tantangan online bisa berbahaya, mengganggu, atau bahkan dibuat-buat. Pelajari cara mengenali tantangan berbahaya sehingga Anda dapat melindungi kesehatan dan kesejahteraan Anda." Dengan tulisan yang dikutip dari Tiktok, Jumat (23/9/2022).

(vvn)