Share

Gratis! Ini Cara Bersihkan Karang Gigi agar Ditanggung BPJS

Vivin Lizetha, Jurnalis · Jum'at 23 September 2022 10:32 WIB
$detail['images_title']
BPJS bisa untuk pembersihan karang gigi (foto: istimewa)

TINDAKAN scalling atau pembersihan karang gigi diminati banyak kalangan. Tidak hanya untuk kecantikan, pembersihan karang gigi dibutuhkan sebagai tindakan pembersihan mendalam untuk kesehatan.

Pembersihan karang gigi dapat mengobati penyakit periodontal kronis atau penyakit gusi. Untuk tindakan ini dibutuhkan kunjungan tak cukup 1 kali pertemuan. Selain itu terkadang juga memerlukan anestesi lokal tergantung tingkat keparahannya.

 bpjs bisa scalling gigi

Namun tak perlu khawatir. Saat ini tindakan pembersihan karang gigi sudah ditanggung BPJS kesehatan. Jika memiliki keluhan pada gigi dan gusi, cukup kunjungi fasilitas kesehatan (faskes) pertama, seperti Puskemas atau Klinik rujukan.

Hal ini sesuai dengan cuitan akun Twitter @BPJSKesehatanRI, yang dikutip Jumat (23/9/2022), "Scalling gigi masih dijaminkan BPJS Kesehatan 1 tahun sekali di dokter gigi faskes." Akun tersebut juga mengatakan, jika pada saat pelayanan scalling diminta untuk membayar, silahkan hubungi Care Center 1500400 untuk ditindak lanjuti.

Nanti, pada saat pemeriksaan di faskes pertama, Anda akan mendapat pemeriksaan awal. Setelah didiagnosis dan membutuhkan penanganan lanjutan akan dirujuk ke Rumah Sakit terdekat untuk tindakan.

Jadi rujukan dibuat atas dasar indikasi medis. Bukan karena permintaan sendiri. Selain itu, pembersihan karang gigi juga dilakukan karena kebutuhan kesehatan. Bukan karena faktor mempercantik diri. Karena pelayanan kesehatan untuk tujuan estetik atau kecantikan, tidak ditanggung BPJS.

(vvn)