Share

Ratu Denmark Margrethe II Positif Covid Pasca Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

Vivin Lizetha, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 11:03 WIB
$detail['images_title']
Ratu Denmark Margrethe II (foto: Reuters)

RATU Denmark Margrethe II dinyatakan positif Covid usai menghadiri acara pemakaman Ratu Elizabeth II. Hal ini diketahui setelah melakukan tes Covid, Selasa (20/9/2022) malam lalu.

Meski diketahui hanya memiliki gejala ringan, ia terpaksa membatalkan acara jamuan makan malam dengan pejabat pemerintah Denmark dan anggota parlemen di istana. Kemudian digantikan oleh putra sulungnya, Putra Mahkota Frederik beserta istri, Putri Mahkota Mary.

Tak hanya itu, Ratu Margrethe II juga terpaksa membatalkan semua kegiatan resminya selama seminggu hingga dinyatakan negatif dan dapat beraktivitas normal.

Ratu Margrethe II sendiri sudah 2 kali terjangkit Covid. Sebelumnya ia dinyatakan positif Covid pada Februari 2022 lalu. Beruntung hanya memiliki gejala ringan. Perempuan berusia 82 tahun inipun sudah menerima 3 dosis vaksin Covid-19.

Saat ini, Ratu Margrethe II menjadi pemimpin terlama yang bertahta di kerajaan Eropa. Ia sudah menjabat sebagai Ratu selama 50 tahun lamanya sejak sang ayah meninggal dunia.

Ratu Margrethe II sempat membuat keputusan tidak tampil di balkon Istana Amalienborg pada saat peringatan 50 tahun ia menjabat, 10-11 September lalu. Hal ini untuk menghormati kerajaan Inggris karena baru saja berduka atas kepergian Ratu Elizabeth II.

(vvn)