Share

Mengenal 2 Faktor Pemicu GERD, Termasuk Merokok hingga Obesitas

Selasa 20 September 2022 18:53 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi GERD, (Foto: Freepik)

GERD atau Gastroesophageal reflux disease, merupakan penyakit yang dialami banyak orang. Penyakit satu ini, menyebabkan refluks atau aliran balik naiknya isi dan asam lambung, sehingga bisa menyebabkan lidah terasa pahit.

Berbeda dengan maag, walau GERD juga ditandai salah satunya dengan gejala nyeri pada perut. Namun, memiliki tanda khas yaitu refluks dan heart burn (seperti rasa terbakar). Secara medis, GERD dipicu dua faktor, internal dan eksternal.

Seperti disampaikan ahli penyakit dalam, dr. Adeline Intan Pratiwi Pasaribu, SpPD dalam acara siaran langsung Instagram Live Okezone, Selasa (20/9/2022), berikut di bawah ini paparan faktor internal dan eksternal pemicu GERD.

1. Faktor internal: Faktor dari dalam penyebab GERD, bisa karena genetik, seseorang dengan berat badan berlebih, atau pengidap diabetes, yang mana juga dialami oleh penderita maag.

2. Faktor luar (gaya hidup seseorang): Lifestyle yang dijalani, seperti punya kebiasaan merokok, suka mengonsumsi minuman beralkohol dan pola makan tidak sehat dikombinasikan dengan kurang bergerak sehingga berat badannya berlebihan, suka makan makanan mengandung lemak tinggi, hobi mengonsumsi kafein.

Sehingga untuk mencegah munculnya Gerd kambuh, bisa dengan mengatur pola makan serta memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsi.

(rpa)