Share

Kenali Gejala Asma pada Balita, Susah Tidur Salah Satunya!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 09:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi anak asma (foto: istimewa)

PENYAKIT asma dapat menjangkiti siapa saja. Tak terkecuali balita. Bahkan pada balita gejalanya seringkali tidak dikenali.

Hal ini karena balita cenderung belum bisa mengungkapkan rasa tidak nyaman yang ia derita. Alhasil, kondisi asma semakin buruk dan membuat si kecil dalam bahaya.

Kita tentu tak ingin terjadi pada buah hati kita. Berikut Okezone merangkum gejala asma yang dialami balita, dikutip dari Healthline, Rabu (21/9/2022).

 anak susah tidur

1. Susah tidur di malam hari 

Biasanya anak yang mengalami gejala asma akan gelisah sat tidur. Hal ini karena aliran pernafasannya tidak lancar dan membuat mereka terjaga sepanjang malam.

2. Kesulitan bernapas saat bermain

Tak hanya saat tidur, saat bermain pun si kecil tampak lebih sering rebahan dan tidak cekatan. Ia lebih senang berdiam diri atau kurang energik.

 3. Kelelahan lebih dari biasanya 

Tak jarang anak yang memiliki gejala asma angan terlihat sangat berkeringat dan kelelahan. Padahal tidak melakukan kegiatan fisik yang berat.

4. Pemulihan tertunda dari infeksi pernapasan

Jika si kecil sulit untuk sembuh pada saat terkena infeksi pernapasan, ada kemungkinan terkena gejala asma. Namun tentu perlu konsultasi ke dokter untuk memastikannya.

(vvn)