Share

Hindari Hal Ini Jika Tak Ingin Asma Si Kecil Kambuh!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Selasa 20 September 2022 22:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi asma pada anak (foto: Freepik)

PENYAKIT asma adalah kondisi pernapasan yang mengalami peradangan pada saluran udara. DIkutip dari Healthline (20/9/2022), ada sekitar 6 juta anak di Amerika Serikat yang terkena asma saat anak-anak. Dan terkadang berlanjut hingga dewasa.

Ada beberapa hal yang membuat seorang anak bisa terkena asma. Rata-rata terjadi karena adanya silsilah keluarga yang memiliki asma juga.

 asma pada anak

Atau karena alergi, seperti debu, dingin, bulu, dan beberapa pemicu lainnya. Infeksi pernapasan yang sering terjadi, juga bisa membuat anak terkena asma.

Dikutip dari Healthline, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar anak yang terkena asma, tidak kambuh penyakitnya. Berikut Okezone merangkumnya untuk Anda.

1. Ajari anak tentang kebersihan

Jika si anak mengerti akan kebersihkan ia akan selalu menjaga diri. Misalnya, selalu memakai masker diramaian, mencuci tangan sebelum makan. Ini akan menurunkan risiko tertular pilek atau flu yang memicu terjadinya asma.

2. Batasi waktu olahraga

Ada beberapa anak yang kambuh asma karena kegiatan berat dan kelelahan. Makanya Anda bisa membatasi waktu bermain, olahraga, dan aktivitas lain yang membuatnya capek.

3. Bersihkan rumah

Menjaga rumah agar tetap bersih dari debu, bulu dan alergen lain dapat mengurangi risiko asma. Hal ini berlaku bagi anak yang memiliki asma karena faktor alergi.

(vvn)