Share

Presiden AS Sebut Pandemi Covid-19 Sudah Berakhir, Ini Kata Presiden RI!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Rabu 21 September 2022 10:45 WIB
$detail['images_title']
Presiden RI Joko Widodo (foto: istimewa)

DALAM suatu kesempatan, Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengatakan bahwa pandemi Covid-19 sudah berakhir. Hal ini ia sampaikan dalam sebuah wawancara televisi pada Rabu (14/9/2022) di sela-sela kunjungan pameran mobil, yang dikutip dari Channel News Asia, Rabu (21/9/2022).

Hal berbeda diungkapkan Presiden Indonesia, Joko Widodo terkait kondisi terkini Covid-19 di Indonesia. Dikutip dari Antara, Rabu (21/9/2022), beliau mengatakan agar masyarakat masih terus waspada akan ancaman virus Covid-19.

 Jokowi

"Kalau untuk Indonesia saya kira, kita harus hati-hati, tetap harus waspada, tidak harus tergesa-gesa, tidak usah segera menyatakan bahwa pandemi sudah selesai," kata Presiden Jokowi, dilansir dari sumber yang sama.

Ia juga menambahkan kondisi kasus harian Covid-19 di Indonesia masih cukup tinggi, "Saya kira hati-hati, ada di satu, dua negara yang COVID-nya mulai bangkit, naik, hati-hati, kehati-hatian yang harus diterapkan," ungkap Presiden dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, pandemi Covid-19 dihadapi oleh seluruh dunia. Dengan demikian yang berhak untuk mencabut status pandemi adalah Organisasi Kesehatan Dunia WHO.

Amerika Serikat (AS) pun saat ini masih bergulat dengan infeksi virus yang membunuh ratusan Amerika setiap harinya. Jumlah korban jiwa yang meninggal akibat Covid-19 di AS terus berkurang. Yang dahulunya sempat mencapai 3000 kematian setiap harinya, saat ini sudah menurun. Meski begitu masih ada ratusan orang meninggal akibat Covid-19 di AS.

Joe Biden pun tetap berjaga-jaga. Ia telah meminta Kongres untuk mendanai US$22,4 miliar lebih banyak untuk mempersiapkan kemungkinan lonjakan kasus Covid-19 kembali memanas.

(vvn)