Share

Presiden AS Sebut Pandemi Covid-19 Sudah Berakhir, Benarkah?

Vivin Lizetha, Jurnalis · Selasa 20 September 2022 08:00 WIB
$detail['images_title']
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden (foto: istimewa)

SEPERTINYA pandemi Covid-19 memang segera akan berakhir. Dikutip dari Channel News Asia, Senin (19/9/2022), Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden bahkan juga mengatakan bahwa pandemi Covid-19 sudah berakhir. Hal ini ia sampaikan dalam sebuah wawancara televisi pada Rabu (14/9/2022) di sela-sela kunjungan pameran mobil.

Meski begitu, saat ini AS masih bergulat dengan infeksi virus yang membunuh ratusan Amerika setiap harinya.

 Covid 19 berakhir

"Kami masih memiliki masalah dengan COVID. Kami masih melakukan banyak hal untuk itu. Tetapi pandemi sudah berakhir. Jika Anda perhatikan, tidak ada yang memakai masker. Semua orang tampaknya dalam kondisi yang cukup baik. Jadi saya pikir itu berubah," jelas Biden dalam kesempatan yang sama.

Saat ini, jumlah korban jiwa yang meninggal akibat Covid-19 di AS terus berkurang. Yang dahulunya sempat mencapai 3000 kematian setiap harinya, saat ini sudah menurun. Meski begitu masih ada ratusan orang meninggal akibat Covid-19 di AS.

Biden bahkan terkena covid sebanyak 2 kali selama pandemi terjadi. Ia menghabiskan lebih dari dua minggu diisolasi di Gedung Putih. Namun gejala yang dialami Biden cukup ringan. Ini yang membuatnya semakin yakin bahwa Covid sudah melemah.

Meski begitu, Biden tetap berjaga-jaga. Ia telah meminta Kongres untuk mendanai US$22,4 miliar lebih banyak untuk mempersiapkan kemungkinan lonjakan kasus Covid-19 kembali memanas.

(vvn)