Share

Brazil Izinkan Pfizer sebagai Vaksin Covid untuk Bayi, Indonesia Menyusul?

Vivin Lizetha, Jurnalis · Senin 19 September 2022 21:00 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 untu bayi (Foto: istimewa)

BADAN Pengatur Kesehatan Brazil mengeluarkan izin pemakaian vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Pfizer dan BioNTech untuk bayi berusia 6 bulan hingga anak-anak usia 4 tahun. Pernyataan ini disampaikan pada Jumat (17/9/2022).

Pemberian izin vaksin ini dikeluarkan untuk memperluas cakupan vaksinasi di negara tersebut. Saat ini, Brazil termasuk negara tertinggi yang melakukan vaksinasi. Hampir 90 persen masyarakatnya setidaknya sudah mendapat 1 dosis vaksin, menurut Our World in Data, dikutip dari Reuters, Senin (19/9/2022).

Kondisi Covid-19 di Brazil pun dikabarkan sudah melandai. Dengan jumlah kematian harian sebanyak 97 kasus. Sangat jauh lebih rendah dibandingkan pada saat puncak Covid yang mencapai 4.250 kasus kematian, pada April 2021 lalu.

Di Indonesia sendiri saat ini masih belum tersedia vaksin untuk usia anak 6 bulan hingga 4 tahun. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) masih baru melakukan pengujian jenis vaksin COvid-19, yaitu Sinovac, untuk anak dibawah usia 6 tahun.

Jumlah cakupan vaksinasi di Indonesia juga tergolong tinggi. Sudah 87 persen masyarakat Indonesia mendapatkan vaksin dosis pertama. Untuk dosis kedua sudah 72 persen. Saat ini pemerintah juga tengah menggenjot vaksinasi booster yang persentasenya masih rendah, yaitu baru 26 persen.

Kelompok usia 6 sampai 11 tahun yang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama sudah mencapai 80 persen.  Sedangkan yang sudah mendapatkan vaksin komplit ada sekitar 70 persen anak.

(vvn)