Share

7 Penyebab Tumor Payudara, Apa MSG Termasuk?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 15 September 2022 11:10 WIB
$detail['images_title']
Makanan mengandung MSG (Foto: inst)

BELUM lama ini viral seorang wanita bernama Nanda di media sosial TikTok. Ia curhat karena sering mengonsumsi makanan ber-MSG seperti seblak. Akibatnya ia menderita tumor payudara dan harus dioperasi.

Nah, sebenarnya apa saja sih penyebab tumor?

waspadai tumor payudara

Sampai saat ini penyebab pasti tumor payudara belum diketahui. Namun, yang diketahui adalah faktor-faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya tumor payudara. Berikut 7 di antaranya yang dirangkum dari kemkes.go.id.

1. Genetik

Sejumlah penelitian menyebutkan, penyebab tumor payudara yang paling sering terjadi adalah faktor genetik. Ini menjadi penyebab tumor payudara yang tak bisa dihindari. Mutasi gen BRCA1 pada kromosom 17 dan BRCA2 pada kromosom 13 meningkatkan risiko tumor payudara sampai 85%.

2. Riwayat keluarga

Wanita yang memiliki keluarga tingkat satu penderita tumor payudara berisiko tiga kali lebih besar untuk menderita tumor payudara.

3. Hormon

Peningkatan hormon estrogen dapat memicu tumbuhnya tumor di payudara. Selain itu, tingginya kadar hormonal selama masa reproduktif, terutama tak diselingi perubahan hormon karena kehamilan, dapat meningkatkan risiko terjadinya tumor payudara.

 BACA JUGA:Viral Perempuan dengan Tumor Seberat 45 Kg, Dokter Bedah sampai Syok!

4. Usia hamil dan melahirkan

Hamil pertama pada usia 30 tahun berisiko dua kali lipat memicu tumor payudara dibandingkan dengan hamil pada usia kurang dari 20 tahun. Melahirkan anak pertama setelah umur 35 tahun juga meningkatkan risiko tumor payudara.

5. Pemakaian kontrasepsi hormonal

Pemakaian kontrasepsi hormonal (Oral, Implant, dan suntik) dapat meningkatkan risiko tumor payudara. Penggunaan pada usia kurang dari 20 tahun berisiko lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan pada usia lebih tua.

6. Faktor usia dan menopause

Risiko tumor payudara meningkat seiring dengan pertambahan usia. Selain itu, menopuase atau berhenti haid setelah umur 50 tahun jika meningkatkan risiko tumor payudara.

 

7. Pola makan yang buruk

Pola makan yang buruk seperti sering konsumsi asupan tinggi lemak dan rendah serat meningkatkan risiko tumor payudara. Begitu juga konsumsi makanan mengandung zat pengawet dan pewarna, meningkatkan risiko tumor payudara.

Namun, hal yang menjadi pertanyaan apa benar MSG bisa menyebabkan tumor?

Memang hingga saat ini, masih banyak yang berasumsi bahwa mi instan maupun makanan yang mengandung Monosodium Glutamat (MSG) memicu timbulnya tumor atau kanker.

Namun menurut Prof. Aru Sudoyo, Ketua Yayasan Kanker Indonesia, kandungan MSG itu sejatinya hanya mempengaruhi otak manusia sehingga mengubah persepsi tentang cita rasa makanan. Bahkan menjadi lebih enak.

MSG juga tidak langsung merusak DNA sel yang kemudian jadi tumor atau kanker, tapi efek sampingnya akan membuat seseorang ketagihan untuk mengonsumsinya.

Dalam arti lain, bila tidak dikontrol, berat tubuh akan mengalami kenaikan dalam waktu singkat.

“Itulah yang akan menimbulkan risiko kanker,” tutur Prof Aru kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

1
2