Share

Tidak untuk Turunkan Demam, Apa Manfaat Kompres Dingin?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 14 September 2022 19:30 WIB
$detail['images_title']
Kompres dingin (Foto: Complete physio)

BEBERAPA waktu lalu, dunia maya sempat dihebohkan dengan diskusi kompres panas atau kompres dingin untuk penurun panas. Beberapa ahli menyebutkan bahwa kompres panas lebih cocok untuk menurunkan suhu tubuh.

"Kalau demam, yang betul adalah kompres air hangat karena pori-pori di permukaan kulit akan membuka dan pembuluh darah akan melebar mengeluarkan panasnya," ujar dr. Devi Kristiani, Sp.A, dokter spesialis anak, seperti dilansir dari Antara.

 kompres dingin

Lalu apa fungsi dari kompres dingin?

Dikutip dari Healthline, es dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan serta membantu menghentikan pendarahan. Dingin membatasi sirkulasi darah, yang pada gilirannya dapat mematikan rasa sakit. Ini juga dapat membantu membatasi memar.

Selain untuk menanggulangi memar, kompres dingin dapat meringankan rasa sakit pada beberapa titik lain pada tubuh. Berikut ulasannya yang dikutip dari Healthline.

1. Sakit kepala

2. Ketegangan otot

3. Sakit asam urat

4. Keseleo otot

5. Tendonitis

6. Alergi mata

7. Wasir

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan kompres dingin. Kompres ini hanya dapat digunakan pada orang dewasa dan anak-anak.

BACA JUGA:Demam Tak Kunjung Turun, Ini Gejala DBD yang Perlu Diwaspadai!

Berhati-hatilah saat menggunakan kompres es pada bayi. Bayi mungkin tidak dapat mentolerir suhu dingin seperti air es. Sebagai gantinya, cukup gunakan kain yang dibasahi air suhu normal saja

(DRM)