Share

Viral Perempuan dengan Tumor Seberat 45 Kg, Dokter Bedah sampai Syok!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Rabu 14 September 2022 11:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi dokter bedah (foto: istimewa)

SEORANG perempuan asal Brazil merasakan hidupnya menjadi "enteng," setelah tumor seberat 45 kilogram berhasil dikeluarkan dari rahimnya. Tidak main-main, tumor besar itu sudah 5 tahun ia bawa ke mana-mana. Padahal tinggi tubuh perempuan itu tak lebih dari 145 sentimeter.

Dokter bedah pun dibuat syok dengan ukuran tumor perempuan tersebut. "Itu adalah tumor terbesar yang pernah saya operasi dan tentu saja salah satu yang terbesar yang pernah diangkat siapa pun,” kata ketua ahli bedah, Rumah Sakit São José do Avaí di Rio de Janeiro, Glaucio Boechat.

 operasi bedah

Padahal Boechat mengaku sudah memiliki pengalaman hampir dua dekade sebagai dokter bedah. "Tidak setiap hari Anda mengoperasi tumor sebesar itu!" tambahnya pada Jam Press yang dikutip dari new york post, Rabu (14/9/2022).

Tumor raksasa ini awalnya diketahui pada Oktober 2021 lalu. Seorang perempuan penasaran dengan "lemak" di perut yang tak kunjung hilang meski ia sudah berdiet dengan rutin. Akhirnya ia pergi ke dokter untuk melakukan pengecekan.

Hasilnya tak terduga, sebuah tumor bersarang di rahim perempuan yang tak diketahui namanya itu.

Belum diketahui alasan pasti mengapa tumor raksasa itu baru dioperasi sekarang. Namun yang jelas, saat ini tumor tersebut masih dalam proses biopsi untuk melihat keganasannya.

(vvn)