Share

ASI Jessica Iskandar Sempat Berhenti karena Stress, Ini Tips Diet Sehat untuk Meningkatkan Nutrisi Bagi Ibu Menyusui

Putra Syah Norens, Jurnalis · Rabu 14 September 2022 11:57 WIB
$detail['images_title']
diet sehat asupan nutrisi untuk ibu menyusui, (Foto: Freepik)

IMBAS dari kasus penipuan yang tengah ia hadapi, artis cantik Jessica Iskandar mengaku air susunya sempat berhenti karena dirinya mengalami stres hingga jatuh sakit.

"Aku sempat sakit, air susu aku berhenti, demam, stress kepikiran," ujar Jessica saat ditemui di Divpropam Mabel Polri, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Selain menghindari dan mengelola stres dengan baik, ibu menyusui juga sangat membutuhkan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjadi lebih sehat dan lebih kuat. Asupan nutrisi yang optimal, bisa diperoleh dengan menerapkan diet sehat.

Bagaimana caranya? Melansir NDTV Food, Rabu (14/9/2022) berikut ulasan singkat enam tips diet sehat untuk meningkatkan nutrisi bagi ibu menyusui.

1. Makan-makanan yang kaya protein: Ini penting, karena protein menyediakan energi dan sangat dibutuhkan untuk ibu baru. Sertakan telur, daging tanpa lemak, dan ikan dalam menu makanan harian untuk meningkatkan asupan protein. Protein juga turut membantu dalam memproduksi susu untuk bayi yang menjadi keuntungan tambahan bagi ibu. Makanan berprotein juga membantu proses pembentukan sel pada bayi Anda loh!

2. Mengonsumsi sayuran hijau: Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli sarat dengan vitamin A, kalsium, zat besi, dan antioksidan yang bagus untuk ibu baru. Sayuran berdaun ini memiliki dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan bayi. Sayuran ini juga memberikan banyak manfaat untuk ibu yang menyusui.

3. Masukkan makanan kaya zat besi: Selama persalinan, ibu kehilangan banyak darah yang membuat tubuh mereka menjadi lemah paska kelahiran. Makanan seperti tahu, tuna, daging, ayam, dan telur adalah sumber zat besi yang sangat baik yang membantu memulihkan kehilangan darah pada ibu baru. Jumlah zat besi yang rendah dalam tubuh juga dapat menyebabkan kelelahan pada ibu loh! Maka dari itu, pastikan untuk memasukkan makanan yang diperkaya zat besi dalam diet harian Anda untuk meningkatkan nutrisi.

4. Mengonsumsi dairy products: Susu, yogurt, dan keju adalah sumber kalsium. Penting bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi produk olahan susu yang cukup untuk memastikan kesehatan tulang yang baik untuk bayi. Vitamin D yang ada dalam produk susu membantu kesehatan tulang yang lebih kuat untuk ibu.

5. Mengonsumsi Vitamin C: Makanan yang diperkaya vitamin C atau buah jeruk seperti lemon, dan jeruk adalah makanan bergizi yang bagus untuk para new mom. Sebab, asupan vitamin C bisa membantu membangun sistem kekebalan yang kuat pada ibu dan mencegah ibu terkena batuk dan pilek. Selain itu, vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi yang lebih baik dalam tubuh dan mengatur kadar hemoglobin. Selain itu, vitamin C juga bekerja untuk mendukung perbaikan jaringan dan merupakan makanan yang sangat baik untuk pertumbuhan bayi.

6. Minum banyak air mineral: Menjaga agar tetap terhidrasi saat pasca melahirkan sangat diperlukan bagi ibu. Selama persalinan, ibu kehilangan jumlah cairan yang luar biasa, dan sedikitnya jumlah asupan air bisa menyebabkan sakit kepala atau migrain pada ibu. Pastikan untuk minum setidaknya 8 sampai 10 gelas air mineral dalam sehari.

1
2