Share

70 Persen Masyarakat Indonesia Mengalami Karies Gigi, Ini Penjelasan Ahli

Kevi Laras, Jurnalis · Rabu 14 September 2022 11:15 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi kesehatan gigi (foto: istimewa)

JAKARTA (MPI) - Permasalahan gigi di Indonesia ternyata didominasi oleh mereka yang gigi berlubang atau karies. Hal tersebut disampaikan oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dalam acara puncak Hari Kesehatan Gigi Nasional.

Sekitar 70% masalah gigi ada di Indonesia, ternyata banyak diidap oleh usia anak-anak di bawah 12 tahun. Menurut drd. Usman Sumantri, MSc kalau permasalahan gigi berlubang itu bisa dicegah.

"Kalau anak sekarang dalam ... itu 8 atau 6 ya dari usia sampai 12 tahun yang karies sudah giginya hilang belum waktunya dan giginya ditambal itu masih bermasalah. 70% masalah gigi di Indonesia itu karies atau gigi berlubang yang terbentuk dan itu bisa dicegah," kata drg. Usman Sumantri, MSc, Ketua Pengurus Besar PDGI dalam Talkshow Pulih Bersama Dengan Senyum Anak Sehat Indonesia di Gelora Bung Karno, Senin (12/9/2022).

GIGI

Sebagaimana dijelaskan dalam sesi Talkshow masyarakat Indonesia yang melakukan sikat gigi sebanyak 94.7%. Namun hanya sedikit melakukan sikat gigi dengan benar.

Perlu diketahui selama pandemi Covid-19 sebanyak 57% masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan gigi. Hal ini berbanding terbalik dengan jumlah masyarakat yang memiliki akses.

"Sebanyak 94,7 persen jumlah masyarakat Indonesia yang sikat gigi. Tapi hanya ada 2,8 persen yajg melakukan dengan benar atau tepat," ungkap drg Usman

"Pandemi membuat orang tertular dan menularkan, ada 57 persen orang Indonesia sebenrnya memerlukan pelayanan kesehatan gigi yang bisa punya akses sekitar 10 persen," jelasnya

(vvn)