Share

Sering Bikin Kelepek-Kelepek, Ini Alasan Psikologis Kenapa Cewek Suka Bad Boy

Putra Syah Norens, Jurnalis · Selasa 13 September 2022 16:26 WIB
$detail['images_title']
Banyak cewek suka bad boy (Foto: Twitter)

DALAM petualangan asmara, setiap cewek pasti mempunyai kriteria masing-masing dalam memilih seseorang untuk menjadi pasangannya. Meski orangtua maupun masyarakat selalu mengingatkan agar cewek-cewek menjauhi bad boy, namun ternyata masih banyak cewek yang gemar berkencan dengan bad boys.

Bad boy sendiri pada dasarnya diidentikkan oleh masyarakat sebagai sosok yang pergaulannya sering berperilaku buruk, seperti kadang mabuk-mabukan, gemar pesta, bahkan suka main cewek. Ia sering menghamburkan uangnya demi bersenang-senang dan menyenangkan banyak cewek.

 bad boy terlihat lebih maskulin

Namun, terlepas dari semua kelakuan buruknya, ternyata banyak cewek terjerat pesona bad boy. Kenapa bisa demikian?

Dikutip dari Good Housekeeping, Ahli Biologi Evolusioner, Michael R. Cunningham, selaku Profesor dan Psikolog di University of Louisville menjelaskan, bad boy adalah seorang yang hipermaskulin (punya jiwa yang jantan dan agresif berlebih). Mereka juga punya rasa percaya diri tinggi.

Dalam interpretasi yang paling ekstrem dan negatif, cowok bad boy menampilkan kualitas dark triad psikologis.

Menurut Marisa T. Cohen, selaku Pakar Hubungan pada dasarnya, bad boy mungkin terlihat narsis, terlalu percaya diri, punya pandangan yang tinggi terhadap citra dirinya sendiri, penuh pesona.

Mereka juga cenderung Machiavellian yakni tidak berperasaan, dan pandai mengeksploitasi orang lain.

Namun, ternyata pesona bad boy ini di mata cewek, hanya membuat cewek ingin sperma mereka, alias bibitnya. Bukan membuat cewek ingin bad boy sebagai pasangan serius atau suami.

Dr. Fugere menjelaskan, penelitian terhadap 'mengapa bad boy bisa begitu menarik'? Karena cewek lebih tertarik pada cowok yang maskulin, selama pertengahan siklus menstruasi mereka, atau saat mereka paling subur.

"Pria dengan sifat yang sangat maskulin seperti bad boy mungkin memiliki gen kualitas yang lebih baik, sehingga bisa menarik bagi wanita pada tingkat evolusi yang tidak disadarinya," kata Dr. Fugere.

Ketika cewek-cewek ditanya, apa yang mereka cari dari pasangan ideal atau suami?

Mereka cenderung menyebutkan ingin punya suami yang sifatnya baik, jujur, bisa dipercaya, setia, dan punya rasa hormat kepadanya.

"Faktanya, cewek-cewek biasanya menghindari pasangan yang kasar, tidak sopan, atau agresif secara fisik. Jadi, secara sadar, saya pikir sebagian besar cewek menyadari bahwa bad boy tidak baik untuk hubungan jangka panjang, apalagi jadi pasangan hidup," terang Dr. Fugere.

 BACA JUGA:5 Alasan Cewek Jatuh Cinta dengan Cowok Bad Boy

Sementara itu, Robyn McKay, selaku psikolog dan salah satu penulis Smart Girls mengatakan, bad boy ternyata bisa membebaskan cewek-cewek dari tekanan harus menjadi gadis baik.

"Jika seorang gadis bertemu bad boy, maka ia mau mengencaninya karena cowok tersebut merupakan representasi dari pemberontakan jiwanya sendiri, semacam subtitusi dari keinginan terdalamnya," terang Robyn.

Dr. Fugere menyebut, bad boy memang menarik bagi cewek yang sedang bosan. "Cowok-cowok ini tampak menarik dan menyenangkan."

Namun, resikonya juga sepadan apabila berkencan dengan bad boy. Terlebih bad boy kadang berkelahi, berjudi, mabuk-mabukan, bahkan main cewek. Perilaku ini tentu bisa melukai pasangannya. Bahkan yang bahaya, jika malah menimbulkan masalah kriminalitas. Jadi pikir dulu ya Ladies, sebelum kencan dengan bad boy!

1
2