Share

Waduh, Kanker Prostat Bisa Menjalar ke Kaki! Simak Gejalanya Yuk

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Selasa 13 September 2022 18:13 WIB
$detail['images_title']
Kanker prostat (Foto: News sky)

SAAT ini kanker prostat merupakan jenis penyakit kanker terbanyak nomor dua diidap oleh pria. Tahukah Anda, per tahun 2020 di seluruh dunia diperkirakan ada 1,4 juta orang yang didiagnosis menderita kanker prostat.

Angka di atas, menjadikan kanker prostat sebagai kanker keempat yang paling sering didiagnosis di dunia. Kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada prostat, yakni kelenjar kecil berbentuk seperti kacang kenari pada pria yang membantu memproduksi air mani.

 kanker prostat

Disebutkan lebih lanjut, biasanya kanker dimulai ketika sel-sel dalam tubuh mulai tumbuh secara tidak normal.

Sejauh ini, diketahui tidak ada keterangan valid atau jelas apa penyebab dari kanker prostat. Namun dikutip dri Mayo Clinic, kanker prostat dimulai ketika sel-sel di prostat mengembangkan perubahan dalam DNA mereka.

Akumulasi sel-sel abnormal inilah yang lalu membentuk tumor, yang kemudian bisa tumbuh untuk menyerang jaringan di dekatnya.

Secara kelompok usia, memang 60 persen kasus kanker prostat didiagnosis pada orang berusia 65 tahun atau lebih. Tapi bagi Anda yang masih muda, jangan senang dulu karena penyakit satu ini juga bisa menyerang pria yang lebih muda.

Contohnya, pria yang punya riwayat keluarga kanker prostat, atau orang dengan obesitas disebutkan memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker prostat jika dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki faktor-faktor ini.

Gejala kanker prostat memang bervariasi, tergantung dengan lokasi yang akan menjadi tempat penyebaran. Namun, secara umum ada satu gejala atau satu tanda alias warning sign yang harus diwaspadai, yaitu tanda di bagian kaki.

 BACA JUGA:Mengenal Terapi TIL, Pengobatan Baru untuk Kanker Melanoma yang Dikembangkan Peneliti Eropa

Ya, salah satu tanda tumor sudah menyebar bisa terlihat di kaki, yaitu bengkak.

Follow Berita Okezone di Google News

Merujuk pada keterangan Cancer Research UK Pembengkakan pada kaki terjadi karena kanker prostat menyebar ke kelenjar getah bening, sebagaimana dikutip dari Timesofindia.

Kelenjar getah bening adalah kelompok sel kecil berbentuk seperti kacang yang mengandung kombinasi dari berbagai jenis sel sistem kekebalan, yang memerangi infeksi. Saat kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening, dekat dengan prostat inilah yang membuat pembengkakan di kaki.

Selain itu, ada juga beberapa tanda kanker prostat lainnya yang mungkin diabaikan pria. Mulai dari ingin buang air kecil lebih sering (lebih intens di malam hari), susah untuk mulai buang air kecil, mengejan saat buang air kecil, atau alirannya yang lemah.

1
2