Share

Batuk karena Alergi Udara Kotor Seperti Anak Nikita Willy? Begini Cara Mengobatinya

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 13 September 2022 14:09 WIB
$detail['images_title']
Nikita Willy dan Isa Alexander, (Foto: Instagram @nikitawillyofficial94)

ANAK Nikita Willy dan Indra Priawan, Isa Xander Djokosoetono, diketahui sempat batuk-batuk karena mengalami alergi udara kotor Jakarta.

Hal ini diungkap oleh Nikita dan Indra di dalam kanal YouTube miliknya belum lama ini.

"Pas dia menyesuaikan udara dengan Jakarta, si Isa sempat sakit karena waktu itu sempat kita bawa jalan-jalan, enggak lama sih padahal di pinggir jalan,” curhat Indra, dikutip dari kanal YouTube Nikita Willy Official, belum lama ini.

“Terus dia kayaknya enggak biasa dengan udara sedikit kotor," tambahnya.

Sampai akhirnya Indra dan Nikita sadar bahwa putranya batuk karena kualitas udara di Jakarta saat itu sedang buruk. Berbeda dengan kualitas udara Los Angeles, tempat mereka bermukim sebelumnya yang disebut Indra punya kualitas udara yang baik.

"Ternyata dia batuk-batuk karena alergi dengan udara yang kotor," jelas Indra.

(Foto: Instagram @nikitawillyofficial94)

"Waktu itu di LA air quality-nya bagus ya, dan di sini waktu itu sempat agak buruk air quality-nya," bebernya lagi.

Follow Berita Okezone di Google News

Batuk karena alergi dan paparan iritasi seperti polusi udara, debu, atau asap seperti yang dialami baby Isa ini, biasanya akan mengakibatkan batuk kering.

Biasanya, batuk kering bisa berlangsung selama beberapa minggu atau sampai pilek atau flu yang menyertainya sembuh.

Batuk seperti ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi dan balita, anak-anak, hingga orang dewasa. Lantas bagaimana cara mengobatinya? Masing-masing kategori usia ternyata punya cara pengobatan yang berbeda.

Mengutip Healthline, Selasa (13/9/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh  Daniel Murrell, M.D, untuk orang dewasa yang mengalami batuk kering, bisa diatasi dengan pelega tenggorokan, surpressan batuk, tetap terhidrasi, atau menggunakan pelembab udara yang bisa membuat pernapasan jadi lega.

Sedangkan pada bayi dan balita, disebutkan kalau batuk kering biasanya tidak memerlukan pengobatan. Humidifier dapat membantu membuat bayi dan balita merasa lebih nyaman, atau bisa juga bawa anak ke kamar mandi yang penuh uap atau di luar di udara malam yang sejuk.

Sementara jika anak-anak yang lebih besar, orang tua bisa gunakan humidifier untuk membantu mencegah sistem pernapasan anak menjadi terlalu kering. Bagi anak-anak yang lebih besar, bisa minum obat batuk untuk meredakan sakit tenggorokan.

 BACA JUGA:Musim Hujan Rawan Flu dan Batuk, Coba Atasi dengan 3 Obat Herbal Ini

BACA JUGA:Ini 5 Makanan Alami Agar Anak Cepat Pulih Batuk Pilek

1
3