Share

Ketua Pengurus Besar Dokter Gigi Indonesia: Hanya 2,8 Persen Masyarakat Indonesia Sikat Gigi Secara Benar

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 12 September 2022 21:00 WIB
$detail['images_title']
Menyikat gigi, (Foto: Freepik)

MENYIKAT gigi merupakan cara paling dasar untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut. Namun sayangnya, tidak semua orang paham bagaimana cara menyikat gigi yang benar.

Merujuk pada data dari Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, ironisnya hanya sekitar 2,8 persen masyarakat Indonesia yang sudah menyikat gigi dengan cara yang tepat.

"Sebanyak 94, 7 persen jumlah masyarakat Indonesia yang sikat gigi. Tapi hanya ada 2,8 persen yang melakukan dengan benar atau tepat," ujar drg. Usman Sumantri, MSc, Ketua Pengurus Besar PDGI dalam Talkshow Pulih Bersama Dengan Senyum Anak Sehat Indonesia di Gelora Bung Karno, Senin (12/9/2022).

Masih dalam kesempatan yang sama, drg. Usman juga menyoroti kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi pelayanan kesehatan gigi. Lagi-lagi, sayangnya hanya sekitar 10 persen masyarakat yang bisa mengakses kesehatan gigi. Padahal yang membutuhkan, persentasenya mencapai di atas 50 persen dari penduduk Indonesia.

"Ada 57 persen orang Indonesia sebenarnya memerlukan pelayanan kesehatan gigi, yang bisa punya akses sekitar 10 persen," tandasnya singkat.

(rpa)