Share

Wajib Tau Serba-Serbi HIV Aids Bersama dr. Nadia Alaydrus

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 09 September 2022 14:59 WIB
$detail['images_title']
Kata Dokter (Foto: ist)

Belakangan isu kesehatan, terutama penyakit HIV Aids memang tengah berkembang di masyarakat. Baru juga terungkap angka tinggi pengidap HIV Aids di beberapa daerah di Indonesia. Penjelasan mengenai HIV Aids, mulai dari penyebab, gejala dan obatnya memang harus mulai diketahui oleh kita semua.

Melalui Podcast Kata Dokter, dr. Nadia Alaydrus membahasnya dalam episode terbarunya. Pada bagian awal, dr. Nadia terlebih dahulu menjelaskan secara sederhana istilah HIV dan juga Aids. Ia menjelaskan bahwa HIV adalah infeksi yang terjadi pada sel darah putih, dimana sel tersebut sangat berhubungan erat dengan imunitas dalam tubuh.

 kata dokter

“Nah, virus HIV ini menyebabkan turunnya kekebalan tubuh, oleh karena itu biasanya penyakit ini juga disebut autoimun,” jelas dr. Nadia.

Sedangkan Aids sendiri adalah momen dimana gejala-gejala dari HIV sudah mulai bermunculan seperti, sariawan di seluruh mulut atau adanya bintik-bintik di badan. Jika gejala-gejala turunnya kekebalan tubuh sudah terlihat, maka sudah bisa dibilang seseorang mengidap Aids.

“Jadi, bisa dibilang Aids adalah step selanjutnya jika seseorang sudah mengidap HIV,” tambah dr. Nadia

Pada episode ke-81 Podcast Kata Dokter ini dr. Nadia Alaydrus menjelaskan secara detail step-step HIV Aids yang akan diderita seseorang. Ia juga menjelaskan momen-momen penting yang harus dilakukan jika seseorang mengidap penyakit yang berbahaya ini.

Selengkapnya, episode ini bisa didengarkan secara langsung pada fitur Audio+ di RCTI+. Fitur yang berisi semua konten berbentuk audio ini, bisa dikunjungi cukup dengan klik logo Audio+ yang ada di bagian atas home RCTI+. Semua konten audio tersebut juga bisa dedengarkan langsung secara gratis bahkan dapat diakses tanpa harus registrasi terlebih dahulu.

(DRM)