Share

Viral Istilah "Sleepover Date" di Media Sosial, Benarkah Bisa Terkena HIV?

Vivin Lizetha, Jurnalis · Kamis 08 September 2022 13:12 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi sleepover date (foto: istimewa)

Bahasa, kata dan istilah selalu berkembang mengikuti peradaban. Setiap zaman pasti ada saja istilah atau kata baru yang kemudian jadi tren di masanya.

Seperti kali ini, viral di media sosial istilah "Sleepover Date." Jika kita mengubah kata itu ke bahasa Indonesia artinya "kencan menginap." Ya, istilah "sleepover date" sering dikaitkan dengan gaya berpacaran menginap bersama pasangan.

 menginap

Seperti sebuah postingan yang viral di Twitter. Akun tersebut mengunggah foto saat makan bersama seseorang berbaju biru. Mereka terlihat seperti dalam sebuah kamar. Dalam caption tertulis, "Sleepover date + dimasakin dia. Btw knp cwe klo pake baju cwo lucu bngt sh."

Merespon hal istilah baru tersebut, tak sedikit kalangan yang khawatir akan tren "sleepover date". Mengingat kegiatan "kencan menginap" termasuk dalam kategori seks bebas. Seks bebas sendiri adalah salah satu cara penyebaran virus HIV.

Follow Berita Okezone di Google News

Beberapa waktu lalu, Indonesia dikagetkan dengan fakta bahwa banyaknya kelompok pelajar dan anak-anak yang terkena HIV. Faktor lonjakan jumlah penderita HIV adalah karena gaya hidup seks bebas yang begitu marak terjadi.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Satgas HIV Anak IDAI, dr. Endah Citraresmi, SpA(K). Menurutnya, kelompok remaja paling banyak terinfeksi HIV akibat perilaku seks bebas sesama jenis. Kemudian, faktor penyebab lain adalah penggunaan narkoba jarum suntik.

Prof. Dr. dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD, KHOM (penemu kasus pertama sekaligus pionir penanganan HIV dan AIDS di Indonesia), juga mengatakan kalau generasi muda memang kelompok rentan terinfeksi HIV. Penyebabnya beragam, tapi yang cukup tinggi prevalensinya adalah karena hubungan seksual.

"HIV itu memang paling banyak dialami pada individu berusia 25-40 tahun. Kenapa? Karena mereka selalu ingin coba-coba hal baru," ungkap Prof Zubairi Djoerban saat diwawancarai di Gedung dr R. Soeharto, Jakarta, Selasa (30/8/2022).

(vvn)

1
2