Share

Warning, Pelaku FWB dan Sleepover Date Rentan Terkena Hepatitis B!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 08 September 2022 14:50 WIB
$detail['images_title']
Sleepover date (Foto: Taleja)

SAAT ini banyak berbagai istilah kencan yang mengarah pada perilaku seks bebas. Pelaku Friend with Benefit maupun Sleepover Date, pada intinya menginap bersama kekasih atau teman kencan untuk berhubungan seks.

Mungkin bedanya pelaku FWB, jumlah teman kencannya lebih banyak daripada Sleepover Date. Nah, perilaku seks bebas ini sama-sama berisiko tinggi terhadap kesehatan mereka, apalagi banyak penyakit yang mengintai akibat seks bebas, salah satunya Hepatitis B.

 Sleepover date

Penyakit Hepatitis jenis B dapat ditularkan melalui darah, jarum suntik, dan hubungan seksual yang bebas dan liar.

Hepatitis B juga dapat ditularkan selama persalinan dari ibu ke bayinya.

Secara umum, hepatitis dapat menular melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi atau berbagi jarum suntik yang kotor. Penyakit perusak hati ini juga dapat menular melalui hubungan seksual.

Dilansir dari Webmd, hepatitis B juga ditemukan dalam cairan vagina, air liur, dan air mani. Bahkan, hepatitis B memiliki persentase 50 sampai 100 kali lebih mudah menular secara seksual, dibandingkan HIV sebagai virus penyebab AIDS.

Sehingga virus ini tidak ditularkan dengan berpegangan tangan, berpelukan, atau bahkan ciuman kering di bibir.

Hanya saja, kemungkinan penularan Hepatitis B dengan ciuman sejenis french kiss yang bertukar lidah, hingga kini tidak diketahui pasti.

 BACA JUGA:Sering Sleepover Date dengan Pasangan Berbeda, Awas 6 Penyakit Kelamin Ini Mengintaimu!

Sebab tidak ada infeksi yang didokumentasikan secara definitif setelah terpapar air liur yang terinfeksi.

Follow Berita Okezone di Google News

Namun lantaran virus hepatitis B ini telah ditemukan dalam air liur, menyebabkan risiko penularan dengan ciuman bertukar lidah mungkin ada.

Bahkan, risiko dapat meningkat jika salah satu pasangan memakai kawat gigi ortodontik atau memiliki luka terbuka atau luka di mulut.

Tak hanya itu, kemungkinan terinfeksi akan bertambah dengan jumlah pasangan seksual yang dimiliki seseorang. Dengan demikian, individu yang suka melakukan seks bebas seperti suka dalam hubungan FWB maupun sering Sleepover Date, lebih mungkin untuk terinfeksi hepatitis B.

1
2