Share

5 Ciri-Ciri Diabetes pada Pria yang Sangat Khas, Memicu Berkurangnya Sperma

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 08 September 2022 15:06 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ADA 5 ciri-ciri diabetes pada pria yang sangat khas yang tak disadari. Diabetes menjadi salah satu penyakit yang tergolong silent killer dengan menyerang berbagai kelompok usia dan gender.

Menurut Asosiasi Diabetes Amerika diperkirakan terdapat antara 13,8 dan 17 persen pria di Amerika Serikat menderita diabetes. Tentu saja hal ini disebabkan oleh berbagai faktor termasuk genetik dan pola hidup.

Terdapat beberapa ciri diabetes yang khas bagi pria. Bahkan ciri tersebut tak dimiliki seorang wanita yang mengidap diabetes.

Sperma

Lantas, apa saja ciri-ciri diabetes pada pria yang sangat khas? Untuk mengetahuinya, simak ulasan okezone berikut ini.

Melansir dari Healthline, terdapat 5 ciri khas diabetes bagi pria yang tak disadari:

1. Disfungsi Ereksi

Diketahui 75 persen pria yang menderita diabetes mengalami kesulitan mencapai atau mempertahankan ereksi. Saraf dan pembuluh darah sangat penting untuk proses ereksi, dan kerusakan yang disebabkan oleh diabetes pada sistem ini dapat memengaruhi cara kerja penis.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Sariawan Kelamin

Pria dapat mengalami kasus sariawan atau kandidiasis berulang kali lantaran infeksi jamur. Kelebihan gula dalam darah yang tak tersaring dalam urin diketahui sebagai penyebabnya. Pasalnya, ragi yang tumbuh subur pada gula dalam darah lebih mungkin tumbuh pada penis pria dengan diabetes.

3. Mengurangi Massa Otot

Kadar gula darah yang meningkat secara konsisten menyebabkan tubuh memecah otot dan lemak untuk energi. Sehingga mampu menyebabkan berkurangnya massa otot.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada pria dengan diabetes tipe 1 dan mampu mengakibatkan berkurangnya kekuatan dan kelemahan otot.

4.Berkurangnya Sperma

Pria yang menderita diabetes juga bisa mengalami gejala air mani yang keluar lebih sedikit dari biasanya saat ejakulasi.Airnya mani atau yang disebut semen ini diproduksi sejak laki-laki memasuki pubertas. Cairan tersebut mungkin diketahui penting untuk reproduksi, tapi tidak sedikit pria yang mengerti dari mana dan bagaimana air mani diproduksi.

Kondisi ini disebabkan lantaran sebagian air mani yang keluar lewat penis justru memasuki kandung kemih. Tentunya bisa mengurangi sperma pada pria

5. Susah Kontrol Buang Air Kecil

Diabetes diketahui bisa merusak sistem saraf otonom yang mengontrol pelebaran atau penyempitan pembuluh darah. Apabila kerusakan terjadi di organ reproduksi, maka penderita tak hanya mengalami disfungsi ereksi melainkan pula susah mengontrol kencing, sehingga kerap kali mengompol.

Demikian 5 ciri-ciri diabetes pada pria yang sangat khas dan jarang disadari. Sebisa mungkin jika mengalami salah satunya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(RIN)

1
2