Share

Justin Bieber Tunda Tur karena Penyakit Ramsay Hunt Syndrome Kambuh, Apa Gejalanya?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 07 September 2022 14:43 WIB
$detail['images_title']
Justin Bieber kena ramsay hunt syndrome (Foto: inst)

KABAR kurang menyenangkan, penyanyi dunia, Justin Bieber kembali menunda tur di Amerika Utara. Hal ini karena penyakit Ramsay Hunt Syndrome yang dideritanya kambuh lagi.

Informasi tersebut diumumkan dalam akun instagram pribadi Justin Bieber beberapa waktu lalu. Justin mengabarkan akan istirahat sejenak dan tengah fokus pada pemulihan kesehatan.

Penyakit Ramsay Hunt Syndrome pertama kali dirasakan Justin pada bulan Juni lalu.

 Justin Bieber

Lalu apa saja sih gejala Ramsay Hunt Syndrome?

Gejalanya, sebelah wajahnya tidak bisa bergerak, termasuk satu matanya tidak berkedip, hidungnya juga tidak bisa digerakan, dan mulutnya juga tidak bergerak. 

Penyakit ini memang membuat penderitanya mengalami kelumpuhan pada separuh wajah.

Amit Kochhar, MD yang merupakan otolaryngologist (THT) dan direktur Program Gangguan Saraf Wajah di Pacific Neuroscience Institute di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California, menjelaskan bahwa sindrom Ramsay Hunt sangat langka.

Menurut Amit, kelumpuhan wajah yang dialami Justin disebabkan oleh saraf yang berasal dari otak dan berjalan melalui "terowongan" tulang.

Saraf itu memungkinkan ekspresi wajah dan kemampuan untuk menyampaikan emosi. Namun ketika meradang, saraf mengembang tetapi tulang tidak bergerak.

"Pada dasarnya, itu menghancurkan saraf," ungkap Amit.

"Gejala lainnya termasuk gangguan pendengaran, vertigo parah, dan ruam atau lecet yang terjadi di telinga atau pipi. Sakit kepala dan muntah juga sering terjadi," sambungnya.

 BACA JUGA:Kembali Konser, Begini Kondisi Kesehatan Justin Bieber Usai Alami Sindrom Ramsay Hunt

Amit memaparkan bahwa setelah didiagnosis, Ramsay Hunt dapat diobati dengan steroid dosis tinggi dan antivirus, yang dapat dikonsumsi secara oral di rumah. Untuk kasus yang lebih parah, pasien akan dirawat di rumah sakit.

(DRM)