Share

Yuk Jangan Malas Jalan Kaki! Bermanfaat Kurangi Risiko Obesitas, Kanker Payudara hingga Kematian Loh!

Kevi Laras, Jurnalis · Rabu 07 September 2022 21:00 WIB
$detail['images_title']
manfaat kesehatan jalan kaki, (Foto: Freepik)

BUDAYA kebiasaan jalan kaki memang bisa dibilang kurang lekat dengan kultur masyarakat Indonesia. Tidak seperti kebanyakan di negara maju, yang masyarakatnya gemar dan terbiasa berjalan kaki.

Padahal, tahukah Anda kalau jalan kaki nyatanya menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi orang-orang dari segala usia.

Disampaikan ahli kesehatan dan dari Spesialis Penyakit Dalam dan sekaligus Ketua Satgas Covid-19 IDI, Prof. Zubairi Djoerban, lewat akun Twitter pribadinya, @ProfesorZubairi, Rabu (7/9/2022), merujuk pada Riset Harvard Health Publishing, berolahraga sederhana seperti jalan kaki memberikan banyak keajaiban untuk kesehatan.

Pertama, bisa mengurangi signifikan risiko obesitas lalu mengurangi keinginan ngemil makanan manis. Menurunkan risiko kanker payudara, melindungi persendian lutut dan pinggul, dan bisa juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Manfaat dari berjalan kaki memang jangan diselepekan, mengutip Better Health, berjalan selama 30 menit (atau lebih) sehari atau beberapa hari dalam seminggu adalah cara yang bagus untuk meningkatkan atau menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Bahkan, saat berjalan kaki dengan kecepatan rata-rata dibandingkan dengan langkah lambat. Bisa menghasilkan 20 persen pengurangan risiko kematian secara keseluruhan.

Nah, bagi Anda yang masih malas berjalan kaki, mungkin bisa meningkatkan mood berjalan kaki dengan cara seperti coba berjalan santai (jangan naik motor atau mobil) saat berbelanja di toko-toko dekat rumah atau kantor, gunakan tangga daripada lift (setidaknya sebagian). 

Bisa juga mencoba turun dari angkutan umum satu halte pemberhentian lebih awal sehingga bisa berjalan kaki ke kantor atau rumah, atau bisa sambil membawa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing di rumah atau hewan peliharaan tetangga.

1
2