Share

Saus dan Kecap ABC Ditarik Badan Pangan Singapura, Kenapa?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 07 September 2022 12:16 WIB
$detail['images_title']
saus dan kecap ABC yang ditarik Singapore Food Agency, (Foto: Singapore Food Agency)

BADAN Pangan Singapura, Singapore Food Agency diketahui baru saja melakukan penarikan produk makanan.

Dua di antara tiga produk makanan tersebut adalah dua produk bumbu keluaran PT. ABC, asal Indonesia yakni Kecap Manis ABC, dengan tanggal kedaluwarsa 26 Juni 2024, dan diimpor oleh New Intention Trading Co dan ABC Sambal Ayam Goreng Saus yang memiliki tanggal kadaluwarsa 6 Jan 2024 dan diimpor oleh Distributor Arklife.

Mengutip Strait Times Singapore, Rabu (7/9/10) Badan Pangan disebutkan melakukan penarikan tiga produk setelah SFA menemukan komponen alergen yang mana tidak disebutkan di dalamnya.

Produk Saus Sambal Ayam Goreng ABC disebutkan ternyata juga mengandung asam benzoat, yang mana ini tidak tercantum pada label kemasan makanan.

Baik tingkat sulfur dioksida dan asam benzoat yang terdeteksi berada dalam tingkat maksimum yang diizinkan dalam saus.

Terkait dengan adanya penemuan ini, pihak SFA telah memberitahu pihak importir untuk menarik produk yang dimaksud. Penarikan produk sendiri, diketahui berlangsung pada Selasa, 6 September lalu saat berita ini dirilis SFA ke publik.

Secara umum, alergen ini disebut memang tidak menimbulkan masalah keamanan pangan bagi konsumen. Tetapi, bisa mengakibatkan reaksi alergi pada orang-orang tertentu yang sensitif terhadap komponen tersebut.

Sejauh ini, untuk para konsumen yang telah terlanjur membeli produk-produk yang diperintah untuk ditarik tersebut dan memiliki alergi terhadap alergen. SFA mengimbau untuk tidak mengonsumsi tiga produk tersebut.

Sebagai informasi, di bawah Peraturan Makanan Singapura, semua produk makanan yang mengandung bahan yang diketahui menyebabkan hipersensitivitas harus dicantumkan pada label kemasan untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Aturan ini tak terkecuali, berlaku termasuk untuk makanan jenis prepackaged foods (makanan yang dikemas sebelumnya), semua bahan harus disebutkan pada label produk dalam urutan menurun dari proporsi berat yang ada.

Selain dua produk saus keluaran ABC, pada saat yang bersamaan, SFA juga menarik produk makanan wafer yakni Fukutoku Seika Soft Cream Wafers yang ditemukan memiliki putih telur serta tepung terigu. Wafer ini sendiri diketahui memiliki tanggal kadaluarsa 20 April 2023 yang diimpor oleh Sinhua Hock Kee Trading.

1
2