Share

Hong Kong Laporkan Kasus Pertama Cacar Monyet

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 07 September 2022 11:55 WIB
$detail['images_title']
Cacar monyet (Foto: Reuters)

BERTAMBAH lagi daftar yang melaporkan kasus positif cacar monyet, dengan dilaporkannya kasus pertama cacar monyet dari Hong Kong.

Kasus positif pertama cacar monyet ini dilaporkan oleh otoritas kesehatan Hong Kong pada Selasa 6 September 2022. Laporan kasus pertama ini, dilaporkan otoritas kesehatan setelah ditemukannya gejala pada seorang pria berusia 30 tahun yang tiba dari Filipina, mengutip Reuters, Rabu (7/9/2022).

Pasien pria tersebut diketahui memiliki riwayat perjalanan ke Amerika Serikat dan Kanada, setelah itu barulah tiba di Filipina dan memasuki Hong Kong.

Temuan ini sekaligus menandai kasus impor pertama cacar monyet di Hong Kong, penyakit virus yang telah dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia sebagai darurat kesehatan global. Hong Kong sendiri, disebutkan lebih lanjut sejauh ini tidak memiliki kasus cacar monyet lokal.

Merespon temuan kasus positif cacar monyet pertama ini, menurut keterangan otoritas kesehatan saat konferensi pers. Pemerintah Hong Kong akan meningkatkan tingkat respons untuk wabah cacar monyet ini ke level "waspada”.

Sebagai informasi, sejauh ini sudah lebih dari 90 negara (non-endemik cacar monyet) yang telah melaporkan kasus positif cacar monyet. Kasus positif terkonfirmasi pun sudah melewati 52.700 dan sudah ada angka kematian di negara non-endemik.

(rpa)