Share

4 Cara Mengobati Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita

Vivin Lizetha, Jurnalis · Selasa 06 September 2022 18:21 WIB
$detail['images_title']
Cara mengobati sakit pinggang sebelah kanan pada wanita (foto: istimewa)

CARA mengobati sakit pinggang sebelah kanan pada wanita dapat dibaca di artikel ini. Sakit pinggang sering terjadi pada setiap orang, baik pria atau wanita. Ada beberapa penyebabnya sakit pinggang pada wanita. Hal ini disesuaikan dengan bagian dan sisi yang mana yang sakit. Jika yang sakit sebelah kanan, itu menandakan adanya peradangan usus buntu.

Biasanya sakit pada bagian kanan ini disertai demam, hilang nafsu makan dan muntah. Siapa saja bisa mengalaminya, tidak terkecuali wanita. Hal ini dikutip dari healthline, Selasa (6/9/2022).

Alasan lain penyebab sakit ini muncul adalah karena adanya saraf, terjepit penyempitan tulang belakang. Ini terjadi karena faktor usia.

Untuk mengatasinya, berikut Okezone merangkum cara mengobati sakit pinggang sebelah kanan pada wanita, dikutip dari berbagai sumber, Selasa (6/9/2022).

 pinggang

(Cara Mengobati Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, foto: istimewa)

1.Ubah posisi tidur 

Cobalah tidur miring dengan bantal di antara lutut. Tidur meringkuk seperti posisi janin dalam perut.

2. Sesuaikan postur tubuh 

Mempertahankan postur yang baik membuat otot punggung beristirahat. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti berdiri dan duduk tegak, saat duduk, biarkan kaki rata dengan lantai, melihat sejajar dengan mata dan tidak mendongak.

Follow Berita Okezone di Google News

3.Kompres

Tahukah Anda, salah satu cara mengatasi sakit pinggang adalah dengan mengompresnya. Umumnya, kompres panas digunakan untuk mengendurkan otot di bagian pinggang yang menegang. Sedangkan kompres dingin dibutuhkan untuk meredakan peradangan.

  sakit pinggang

(Cara Mengobati Sakit Pinggang Sebelah Kanan pada Wanita, foto: istimewa)

4.Pakai handuk

Cara satu ini cukup unik memang, namun para ahli merekomendasikan untuk meletakkan handuk yang sudah digulung di bawah pinggang saat berbaring. Trik ini disebut cukup ampuh untuk meredakan nyeri, dan membantu aliran darah di sekitar pinggang bisa mengalir dengan baik.

(vvn)

1
2