Share

Mengejutkan! Golongan Darah Ini Berisiko Tinggi Stroke di Usia Muda

Vivin Lizetha, Jurnalis · Selasa 06 September 2022 10:53 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi stroke di usia muda (foto: istimewa)

SEBUAH penelitian menemukan fakta bahwa golongan darah dapat menjadi penentu seseorang bisa terkena stroke di usia muda atau tidak. Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Maryland terhadap penderita stroke di usia muda dan tua.

Mereka mengumpulkan 48 data studi yang pernah meneliti 17 ribu pasien stroke dan 600 ribu orang sehat yang belum pernah terkena stroke. Para peneliti kemudian meneliti kromosom pada ribuan sampel dan menganalisisnya menggunakan profil genetik, untuk menentukan apakah seseorang bergolongan darah A, AB, B, atau O.

 stroke di usia muda

Setelah melakukan perbandingan, diketahui mereka yang bergolongan darah A lebih memungkinkan mengalami stroke di usia muda. Sedangkan golongan darah O memiliki risiko yang paling rendah dibanding 4 golongan darah lainnya.

Para peneliti belum mengetahui alasan pasti mengapa golongan darah A memiliki risiko tertinggi. Namun kemungkinan berhubungan dengan faktor pembekuan darah seperti trombosit, sel yang melapisi pembuluh darah, serta sirkulasi lainnya. Hal ini diungkapkan Steven J. Kittner, dikutip dari CTV News, Selasa (6/9/2022).

Meski begitu, bagi Anda pemiliki golongan darah A tidak perlu khawatir. Menurut profesor neurologi Universitas Calgary, Michael Hill, temuan ini masih awal. Faktor risiko tertinggi masih dipegang oleh mereka yang memiliki gaya hidup yang kurang baik dan kondisi genetik lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga pola hidup agar terhindar dari penyakit stroke dini.

Penelitian seperti ini berpotensi membantu membuka jalan untuk perawatan di masa depan. Karena lebih banyak informasi ditemukan berkaitan dengan patologi stroke.

Sekitar 878.500 orang Kanada berusia di atas 20 tahun telah mengalami stroke dan seperempat dari mereka berusia di bawah 65 tahun, menurut Health Canada, dikutip dari CTV News, Selasa (6/9/2022). Sebuah laporan pada tahun 2017 dari Yayasan Jantung dan Stroke mengatakan 19 persen rawat inap stroke terjadi di antara pasien berusia 20 hingga 59 tahun. Sementara alasan stroke di kalangan orang yang lebih muda memang termasuk masalah jantung atau genetika mereka. Sepertiga dari stroke pada mereka yang berusia 18 - 45 tahun, tidak diketahui penyebabnya.

(vvn)

1
2