Share

Sayur yang Aman Dikonsumsi bagi Penderita Asam Urat, Batasi Kandungan Purin!

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 05 September 2022 16:56 WIB
$detail['images_title']
Penderita asam urat (Foto: Virgina mason health)

SAKIT asam urat pada umumnya dirasakan oleh mereka yang berusia lanjut (lansia). Asam urat adalah jenis radang sendi atau kondisi peradangan sendi.

Hampir setengah dari kasus asam urat mempengaruhi jempol kaki, sementara kasus lain mempengaruhi jari tangan, pergelangan tangan, lutut dan tumit. Mengonsumsi makanan mengandung tinggi purin bisa menyebabkan asam urat.

Lantas sayur apa saja yang aman dikonsumsi bagi penderita asam urat?

 tomat

1. Sayur rendah purin

Menurut American Academy of Family Physicians, purin adalah zat alami menghasilkan produk limbah yang disebut asam urat ketika makanan kaya purin dicerna. Asam urat terkait dengan batu ginjal, radang sendi dan asam urat.

Sayuran rendah purin antara lain sayuran dengan kacang-kacangan, dan biji-bijian, tomat (bisa digunakan dalam sayur atau dikonsumsi langsung atau jus), dan mentimun.

 BACA JUGA:Waspadai Penyakit Asam Urat Bikin Kaki Panas Bak Terbakar

2. Sayur purin sedang

Menurut American Academy of Family Physicians, sayuran purin sedang meliputi asparagus, bayam, kol bunga dan jamur.

Hanya karena sayuran ini mengandung purin dalam jumlah sedang, tidak berarti penderita asam urat harus menghindarinya sama sekali.

"Ada sangat sedikit sayuran yang harus dihindari penderita asam urat karena sayuran cenderung rendah purin. Namun, ada beberapa sayuran bayam, kembang kol, asparagus, bit, okra, dan jamur yang harus dikonsumsi dalam jumlah sedang," keterangan livestrong.

(DRM)