Share

5 Cara Mengobati Cantengan yang Sudah Bengkak, yang Terakhir Cukup Membuat Bergidik!

Vivin Lizetha, Jurnalis · Senin 05 September 2022 22:30 WIB
$detail['images_title']
Cara mengobati cantengan yang sudah bengkak (foto: istimewa)

CARAĀ mengobati cantengan yang sudah bengkakĀ ada dalam artikel ini. Anda pasti pernah merasakan kuku kaki tersandung, tersangkut, atau salah potong kuku. Tak jarang kondisi ini membuat jari kuku kaki menjadi cantengan.

Selain kondisi di atas, cantengan bisa disebabkan hal lainnya. Seperti kuku tumbuh menembus kulit, kebiasaan menggigit kuku, memotong kuku terlalu dalam. Dalam situasi tertentu, selain membengkak, biasanya jari kaki akan bernanah.

Di beberapa kasus, cantengan bahkan harus disembuhkan melalui operasi. Namun, jika masih dalam tahap wajar, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah.

Berikut Okezone merangkum cara mengobati cantengan yang sudah bengkak, yang dihimpun dari berbagai sumber, Senin (5/9/2022).

Ā Ā cara mengobati cantengan yang sudah bengkak

(cara mengobati cantengan yang sudah bengkak, foto: istimewa)

1. Rendam dengan air garam hangat

Ini bisa dilakukan selama 20 menit. Tujuan untuk membuat kulit di sekitar cantengan menjadi lembut.

2. Rendam kaki hidrogen peroksida

Jika perlu, Anda bisa merendam kaki dengan cairan hidrogen peroksida guna mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan infeksi.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Oleskan balsem

Formula balsem yang terasa dingin di kulit mampu mempercepat penyembuhan infeksi dan mengurangi nyeri. Jadi, rajinlah mengoleskan balsem pada jari yang terkena cantengan.

4. Ikat jari kaki dengan lemonĀ 

cara mengobati cantengan yang sudah bengkak

(cara mengobati cantengan yang sudah bengkak, foto: istimewa)

Lemon ternyata mampu menyembuhkan cantengan. Caranya, iris tipis lemon dan tempelkan di bagian jari yang cantengan dengan perban. Biarkan semalaman, dan ganti keesokan harinya setelah selesai mandi. Kandungan asam pada lemon membantu menyembuhkan infeksi dan mengusir bakteri yang memicu pembengkakan.

5. Operasi pengangkatan cantenganĀ 

Jika semua cara mengobati cantengan telah dilakukan secara mandiri di rumah, namun tidak membuat cantengan pulih. Disarankan untuk melakukan pengangkatan cantengan atau operasi ringan. Ini menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi cantengan.

Setelah cantengan hilang, yang perlu diperhatikan adalah mencegah agar kejadian serupa terjadi kedua kalinya. Caranya dengan selalu menjaga kebersihan kuku agar terhindar dari berbagai infeksi.

(vvn)

1
2