Share

4 Penyakit Menular Seksual Tidak Bisa Disembuhkan, Waspada Bisa Mengancam Nyawa Anda

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 05 September 2022 16:01 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi (Foto:Boldsky)

MENGULAS 4 penyakit menular seksual yang tidak bisa disembuhkan yang tak banyak orang tahu. Penyakit Menular Seksual (PMS) merupakan salah satu penyakit yang disebabkan akibat terlalu sering bergonta ganti pasangan.

Penyakit ini dapat menular ketika Anda berhubungan seksual untuk pertama kalinya atau untuk kesekian kalinya. Semuanya tergantung terhadap aktivitas seksual masing-masing.

Penyakit Menular Seksual

Sebagaimana diketahui 25 persen orang Amerika mengalami PMS yang tidak dapat disembuhkan. Anehnya, 85 persen orang Amerika justru tidak menyadari bila mereka mengidap penyakit mematikan tersebut. Alhasil penyakit menular seperti herpes menular dengan mudah di negara tersebut, akibat aktivitas seksual yang dilakukan secara terus menerus antara orang yang sudah terjangkit virus.

Sebenarnya tidak semua PMS memiliki gejala yang terlihat. Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda mengidap penyakit mematikan tersebut, karena gejalanya bisa disembunyikan.

Berikut 4 penyakit menular seksual yang tidak bisa disembuhkan dirangkum Okezone dari Helathline:

1. Hepatitis B Kronis

Hepatitis B adalah salah satu penyebab utama kanker hati yang dapat berujung pada kematian.  Penyembuhan hepatitis B ini  sifatnya bukan untuk menghilangkan penyakit. Namun, bertujuan untuk menekan perkembangan virus dalam tubuh agar penyakit yang dialami tidak semakin memburuk.

Sebagian besar kasus ini tidak menimbulkan gejala dan kebanyakan orang dewasa diketahui dapat melawan infeksi virus ini sendiri.

Modulator sistem kekebalan dan obat antivirus dapat membantu memperlambat kerusakan virus pada hati.

2. Herpes

Herpes termasuk salah satu dari dua penyakit seksual kronis. Herpes sangat umum terjadi, tercatat lebih dari 500 juta orang diperkirakan menderita herpes di seluruh dunia.

Herpes menyebar melalui kontak kulit ke kulit. Banyak orang penderita herpes mungkin tidak tahu bahwa mereka memilikinya, sebab tidak menunjukkan gejala. Akan tetapi, ketika ada gejala akan muncul luka yang menyakitkan di sekitar alat kelamin atau anus.

Meski termasuk tak dapat disembuhkan, untungnya, herpes sangat dapat diobati dengan obat antivirus yang mengurangi wabah dan risiko penularan. Jika menderita herpes dan menunjukkan gejala, bicarakan dengan dokter tentang obat antivirus yang tepat.

3. HIV

HIV adalah penyakit menular seksual yang berasal dari virus kronis lainnya. Berkat pengobatan yang modern, banyak penderita HIV dapat hidup lama dan sehat tanpa risiko menulari orang lain melalui hubungan seks.

Pengobatan utama untuk HIV disebut terapi antiretroviral. Obat ini mengurangi jumlah HIV dalam darah ke tingkat yang tidak terdeteksi.

4. HPV

Human papillomavirus (HPV) adalah penyakit seksual yang sangat umum. Diketahui, sekitar 9 dari 10 orang yang aktif secara seksual akan tertular HPV.

Banyak anak yang divaksinasi untuk melindungi dari berbagai bentuk HPV. Selain itu, pap smear untuk wanita yang memeriksa HPV setiap beberapa tahun sekali. Dan kutil kelamin yang dapat dihilangkan dengan krim, nitrogen cair, asam, atau operasi kecil.

Demikian 4 penyakit seksual yang tidak dapat disembuhkan namun dapat diatasi dengan pengobatan yang tepat.

(RIN)

1
3