Share

Benarkah Penyakit Legionnaires, Pneumonia Misterius Tidak Menular dari Manusia ke Manusia?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 05 September 2022 13:45 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi pneumonia misterius (foto: istimewa)

DUNIA dihebohkan dengan fenomena penyakit Legionnaires di Argentina yang menewaskan 5 orang. Pasien sebelumnya alami pneumonia serius mirip dengan Covid-19.

Penyakit Legionnaires sendiri pernah ditemukan di Indonesia, tepatnya di Bali (1996), Karawaci Tangerang (1999), dan sejumlah wilayah lain di Indonesia. Penyakit ini mematikan jika penanganan terlambat diberikan.

 pneumonia misterius

Meski mematikan, Ahli Epidemiologi Griffith University Australia Dicky Budiman menilai bahwa penyakit Legionnaires bukan penyakit yang menular antarmanusia.

"Penyakit Legionnaires yang jadi outbreak di Argentina bukanlah penyakit yang menular dari manusia ke manusia," tegas Dicky Budiman saat dihubungi MNC Portal, Senin (5/9/2022).

Penyakit yang disebabkan oleh paparan bakteri Legionella ini umumnya menginfeksi lewat paparan air atau udara yang mengandung air tercemar, seperti bangunan dengan AC sentral yang mana unit penyimpanan airnya tidak dirawat dengan benar.

"Pada kebanyakan kasus, bakteri Legionella ini ditemukan di fasilitas kesehatan yang sumber airnya tercemar bakteri," ungkapnya.

Dicky melanjutkan, dengan begitu penting dilakukan perawatan sistem pendingin dan penyimpanan air secara berkala bagi bangunan di kota-kota besar. Ketika sumber bakteri ditemukan, pencegahan bisa dilakukan dengan efektif.

"Ketika sumber bakteri teridentifikasi, segera lakukan dekontaminasi agar bakteri tidak semakin meluas dan membahayakan manusia. Ini prinsip penanganannya," tambah Dicky.

(vvn)

1
2