Share

Kasus Kematian Akibat Pneumonia "Misterius" Terus Bertambah

Vivin Lizetha, Jurnalis · Senin 05 September 2022 10:53 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi pneumonia misterius (foto: istimewa)

KASUS kematian akibat wabah pneumonia "misterius" di Argentina terus bertambah. Meski sudah ada kemungkinan jenis bakteri yang mewabah yaitu Legionella, namun saat ini, total kematian menjadi 5 orang dari 11 kasus yang terinfeksi.

Otoritas kesehatan setempat melaporkan penambahan kematian pada Hari Minggu (4/9/2022). Kasus pneumonia ini mewabah di sebuah klinik di Argentina. Rata-rata yan terinfeksi adalah pasien yang dirawat dan staf yang bekerja di sana.

 pneumonia misterius

Penyakit penumonia misterius atau legionnaire ini terbilang cukup langka. Biasanya menyebar lewat air yang tercemar atau pendingin ruang yang terinfeksi bakteri Legionella.

Meskipun cukup langka penyakit ini memicu kondisi yang parah pada penderita. Kematian terakhir adalah seorang laki-laki berusia 64 tahun dan memiliki komorbid.

Luis Medina Cruz, selaku pejabat Kesehatan Argentina, mengungkapkan, dikutip dari New York Post, Senin (5/9/2022), dari enam pasien lain yang terinfeksi, tiga masih dirawat di rumah sakit dan yang lainnya sedang dipantau di rumah.

Dikutip dari Healthline, Senin (5/9/2022), penyakit legiuner dalah jenis pneumonia yang parah, atau infeksi paru-paru. Bakteri yang disebut Legionella menyebabkan infeksi ini. Bakteri itu ditemukan setelah wabah di konvensi Philadelphia Legiun Amerika pada tahun 1976. Mereka yang terkena berkembang menjadi bentuk pneumonia yang akhirnya dikenal sebagai penyakit Legiuner.

  

(vvn)

1
2