Share

Gejala Pneumonia "Misterius" yang Diketahui Sebagai Legionnaire, Mirip Covid-19

Vivin Lizetha, Jurnalis · Senin 05 September 2022 10:30 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi pneumonia misterius (foto: istimewa)

OTORITAS kesehatan Argentina mengumumkan adanya kemungkinan penyebab meninggalnya 5 orang yang diduga terjangkit pneumonia misterius, adalah karena bakteri Legionella. Selain membuat 5 orang meninggal dunia,  6 orang penderita pneumonia misterius lainnya saat ini sudah dirawat di rumah sakit Argentina untuk ditangani dengan serius oleh tenaga medis.

Penyakit paru-paru ini sebenarnya jarang terjadi. Rata-rata berkaitan dengan air yang terkontaminasi atau sistem pendingin udara yang tidak bersih.

Dikutip dari Healthline, Senin (5/9/2022), ada beberapa gejala dari penyakit Legionnaire. Penyakit legiuner biasanya akan mulai menimbulkan gejala dalam waktu 2 hingga 14 hari setelah terpapar bakteri. Masa ini disebut masa inkubasi. Gejala penyakit Legionnaire mirip dengan jenis pneumonia lainnya.

 gejala pneumonia misterius

Gejala yang paling umum meliputi:

1. Demam di atas 40 derajat Celcius

 2. Panas dingin

 3. Batuk, dengan atau tanpa lendir atau darah

 4. Sesak napas

 5. Sakit kepala

 6. Nyeri otot

 7. Kehilangan nafsu makan

 8. Sakit dada

 9. Kelelahan

 10. Mual dan muntah

 11. Diare

 12. Kebingungan

 13. Kejang

Ada beberapa gejala dari pneumonia misterius yang sama seperti Covid-19. Seperti demam, batuk, sesak napas, nyeri otot, mual dan muntah.

Hal ini pun juga diungkapkan oleh pejabat kesehatan mengenai penderita pneumonia misterius di Argentina. "Kesamaan dari setiap pasien ini adalah, mereka mengalami masalah pernapasan yang parah dengan pneumonia bilateral, serta gambar rontgen memperlihatkan kondisi yang mirip dengan Covid-19," kata pejabat kesehatan Tucumán, Luis Medina Ruiz, dikutip dari New York Post, Senin(5/9/2022).

Meski begitu, jika Anda memiliki keluhan seperti gejala pneumonia misterius, butuh pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah penderita benar terkena penyakit tersebut atau penyakit lainnya.

(vvn)

1
2