Share

Mengenal Gejala Penyakit Legionnaire, Penyakit yang Diduga Menjadi Pneumonia "Misterius"

Vivin Lizetha, Jurnalis · Minggu 04 September 2022 14:40 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi pneumonia (foto: istimewa)

OTORITAS kesehatan Argentina mengumumkan adanya kemungkinan penyebab meninggalnya 4 orang yang diduga terjangkit pneumonia misterius, adalah karena bakteri Legionella. Penyakit itu sudah menjangkiti 11 orang dan menyebabkan 4 orang meninggal dunia di Argentina.

Hal ini diketahui dari pemeriksaan 4 sampel pasien yang terjangkit. Kecurigaan mengarah pada wabah legionelle pneumophila. Meski begitu ini adalah dugaan awal yang masih butuh pengembangan lebih. Pejabat kesehatan setempat juga masih menunggu hasil diagnosis akhir.

pneumonia misterius

Dikutip dari Healthline, Minggu (4/9/2022), ada beberapa gejala dari penyakit Legionnaire. Penyakit legiuner biasanya akan mulai menimbulkan gejala dalam waktu 2 hingga 14 hari setelah terpapar bakteri. Masa ini disebut masa inkubasi. Gejala penyakit Legionnaire mirip dengan jenis pneumonia lainnya.

Gejala yang paling umum meliputi:

1. Demam di atas 40 derajat Celcius

2. Panas dingin

3. Batuk, dengan atau tanpa lendir atau darah 

4. Sesak napas

5.  Sakit kepala

6. Nyeri otot

7. Kehilangan nafsu makan

8. Sakit dada

9. Kelelahan

10. Mual dan muntah

11. Diare

12. Kebingungan

13. Kejang

Follow Berita Okezone di Google News

Penyebab penyakit ini adalah bakteri yang disebut Legionella. Bakteri menyerang paru-paru dan menyebabkan infeksi yang dikenal sebagai pneumonia. Legionella biasanya hidup di air tawar yang hangat. Seperti bak mandi air panas, spa pusaran air, kolam renang, sistem pendingin atau unit pendingin udara untuk bangunan besar, kamar mandi umum, pelembab udara, air mancur, danau, sungai, dan anak sungai.

Bakteri dapat bertahan hidup di luar ruangan, tetapi mereka diketahui berkembang biak dengan cepat di sistem air dalam ruangan. Orang terinfeksi dengan menghirup tetesan air atau kabut di udara yang terkontaminasi bakteri. Penyakit ini tidak dapat menyebar langsung dari orang ke orang.

Ada beberapa orang yang rentan terkena penyakit Legionnaire, dikutip dari Healtline. Seperti, orang yang berusia di atas 50 tahun, memiliki sistem kekebalan yang lemah karena penyakit lain, memiliki penyakit paru-paru kronis, penderita kanker, dan pecandu rokok.

(vvn)

1
2