Share

7 Manfaat Olahraga Pilates yang Sering Dilakukan Artis Korea!

Gita Chaerani, Jurnalis · Jum'at 02 September 2022 10:01 WIB
$detail['images_title']
Jennie BLACKPINK melakukan pilates (foto: Instagram/@jennierubyjane)

PILATES adalah salah satu metode olahraga untuk melatih fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh. Olahraga ini diminati berbagai kalangan, termasuk keempat member BLACKPINK. Mereka memilih pilates sebagai olahraga yang dapat membentuk tubuh ramping. Jennie adah member yang sering mengunggah foto saat melakukan olahraga ini di akun Instagram miliknya.

Apa itu pilates? Pilates adalah tentang gerakan yang lambat dan terkontrol. Untuk mengikuti pilates ini tidak bisa sendiri, tetapi harus dengan instruktur yang berpengalaman. Kelihatannya susah dilakukan, ternyata pilates memiliki banyak manfat untuk tubuh salah satunya menurunkan berat badan.

pilates

Berikut Okezone rangkum dari Women’sHealh, 7 manfaat pilates seperti yang dilakukan para bintang k-pop, Kamis (1/9/2022).

1. Mengencangkan otot

Dalam latihan pilates ini dapat memperkuat dan meregangkan anggota tubuh secara sekaligus. Perasaan yang dirasakan seseorang setelah melakukan pilates biasanya akan merasa lebih enjoy dan lebih sadar akan tubuhnya.

2. Memberikan keseimbangan

Mungkin salah satu gerakan pilates yang terkenal adalah The Hundret dimana gerakan tersebut lebih berfokus ke daerah perut. Sebagian besar gerakan pilates mengharuskan untuk menjaga keselarasan yang tepat dan menantang stabilitas Anda agar tetap seimbang.

3. Membuat lebih fleksibel

Dalam sebuah penelitian Journal of Sports Medicine and Physical Fitness, olahraga pilates ini jika dilakukan dalam delapan minggu secara rutin maka akan menunjukan peningkatan fleksibilitas pada tubuh.

4. Meningkatkan postur

Fokus besar dari latihan ini adalah menjaga keselarasan dan keseimbangan yang baik saat Anda perlahan-lahan melakukan semua latihan. Punggung, glutes, dan perut yang kuat tidak hanya akan terlihat bagus tetapi juga merupakan kunci untuk mendapatkan postur tubuh yang sempurna.

5. Meringankan rasa sakit

Pilates tenyata dapat membantu meringankan sakit punggung bagi peserta dalam penelitian di Inggris. Rutinitas yang teratur juga membantu mencegah cedera di masa depan dengan meningkatkan flesibilitas dan perpindahan Anda.

pilates

6. Dianggap sebagai kardio

Reformer adalah alat yang melatuh perut, kaki, bokong, lengan, dan punggung. Mengambil kelas dengan reformer lebih baik daripada menggunakan matras dan keduanya sama-sama dapat meningkatkan detak jantung.

7. Membantu menurunkan berat badan

Dalam penelitian dari Universitas Pamukkale di Turki, ternyata wanita yang melakukan pilates tiga kali seminggu selama delapan minggu dapat menurunkan berat badan dan mengecilkan lingkar pinggang mereka.

(vvn)

1
2