Share

Menanti Vaksin Cacar Monyet Masuk Indonesia, Pakai Merek Apa?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 02 September 2022 17:38 WIB
$detail['images_title']
Vaksin cacar monyet (Foto: Business Today)

MESKI satu pasien cacar monyet pertama Indonesia kondisinya terus membaik, pemerintah tetap berupaya mendatangkan vaksin Monkeypox. Ini sebagai bentuk serius penanganan wabah yang merebak secara global.

Menjadi pertanyaan sekarang, vaksin cacar monyet merek apa yang bakal didatangkan ke Indonesia? Apakah vaksin tersebut sama dengan yang dipakai di Amerika Serikat maupun negara-negara Eropa?

Vaksin Cacar Monyet

Berdasar informasi yang dirangkum MNC Portal, Indonesia akan menggunakan vaksin cacar monyet dari Bavarian Nordic dengan nama dagang Imvamune. Vaksin jenis ini direncanakan akan datang 2.000 dosis.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang mengusulkan merek tersebut untuk dipakai di Indonesia. Seperti vaksin-vaksin lainnya, untuk bisa mendatangkan vaksin ke satu negara diperlukan proses yang panjang.

"Vaksin harus disetujui oleh ITAGI dan BPOM baru kemudian bisa diberikan ke yang memerlukan," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril, beberapa hari lalu.

BACA JUGA : Vaksin Cacar Monyet Hanya untuk Kalangan Tertentu!

Menkes sendiri coba mendatangkan vaksin Imvamune tersebut bekerja sama dengan KBRI Denmark, karena lokasi produksi vaksin ada di perusahaan bioteknologi Bavarian Nordic, Denmark.

Seperti apa prosedur pemberian vaksin Imvamune ini?

Menurut Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, vaksin cacar monyet tersebut akan diberikan kepada kelompok prioritas berusia 18 tahun ke atas. Vaksin diberikan sebanyak 2 dosis, namun disederhanakan menjadi 1 dosis karena jumlahnya yang terbatas.

Seperti dijelaskan di atas bahwa vaksin cacar monyet ini bukan untuk masyarakat umum, tetapi akan diprioritaskan untuk mereka yang sudah terpapar ataupun kontak erat pasien. Tenaga kesehatan yang menangani pasien pun akan diberikan vaksin monkeypox tersebut.

Perlu diketahui, vaksin Imvamune ini sudah diberikan di Kanada. Vaksin monkeypox merek ini adalah jenis vaksin dari virus hidup yang dilemahkan. Vaksin Imvamune adalah vaksin cacar generasi ketiga.

(hel)