Share

Indonesia Siap Punya Vaksin Cacar Monyet, Menkes Budi Sudah Pesan 2.000 Bavarian Nordic

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2022 16:44 WIB
$detail['images_title']
Menkes Budi, (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

MENTERI Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin memastikan bahwa Indonesia tengah mengupayakan pengadaan vaksin untuk cacar monyet.

 

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi IX hari ini, Menkes Budi menyebutkan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah memesan sebanyak 2.000 vaksin merek Bavarian Nordic, produksi perusahaan bioteknologi di Denmark.

"Dari segi vaksinasi, kita sudah memesan vaksinnya 2.000 dosis dari Bavarian Nordic, yang dibantu oleh KBRI Denmark," jelas Menkes Budi dalam rapat Komisi IX DPR, disiarkan di kanal YouTube Komisi IX, Selasa (30/8/2022).

(Foto: tangkapan layar Youtube DPR RI)

Pembahasan terkait vaskinasi cacar monyet, sebelumnya telah disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr Mohammad Syahril mengatakan memang pengadaan vaksin cacar monyet sedang diproses. Vaksin ini pun harus melalui rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan POM.

"Jadi saat ini sudah ada 2 atau 3 negara, yang sudah melakukan vaksinasi cacar monyet dan kita sedang memproses untuk pengadaannya. Tentu saja harus melalui rekomendasi BPOM, “ tegasnya, dikutip dari YouTube Kementerian Kesehatan baru-baru ini.

(Foto: ilustrasi vaksin cacar monyet, Foto: Reuters/Dado Ruvic)

Rencana awal, jumlah vaksin yang sedang diusahakan untuk dihadirkan, disebut sekitar 10.000 vaksin.

“Insya Allah ada sekitar 10.000 nanti vaksin kita adakan, dengan proses yang sudah kami sampaikan tadi, juga akan kita berikan kepada yang memang sedang menderita cacar monyet dan juga kepada kontak-kontak erat," tutur dr. Syahril kala itu.

1
2