Share

Kondisi Anggota Keluarga Pasien Cacar Monyet Pertama, Apa Ada yang Tertular?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2022 12:09 WIB
$detail['images_title']
Cacar monyet merebak di sejumlah negara (Foto: Bangkok hospital)

JURU Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengatakan, kontak dekat pasien pertama cacar monyet pertama Indonesia semuanya negatif Monkeypox.

"Ada 5 orang dari anggota keluarga pasien pertama yang dilakukan tracing (tes PCR Monkeypox) dan semuanya negatif monkeypox, jadi tak ada yang tertular" kata Syahril saat diwawancarai di Gedung PB IDI, Jakarta, Selasa (30/8/2022).

 cacar monyet

Tindakan tracing diperlukan untuk memastikan tidak ada virus yang menyebar antarorang yang berdekatan dengan pasien cacar monyet. Terlebih, pasien cacar monyet ini menjalani isolasi mandiri di kediaman pribadi.

Tapi, dipastikan bahwa keputusan untuk membiarkan pasien menjalani isolasi mandiri di rumah bukan tanpa alasan. Sebelum keputusan itu keluar, pasien diminta untuk memastikan bahwa di rumahnya ada kamar yang terpisah dengan anggota keluarga lain, ada toilet sendiri, dan berventilasi baik.

"Ada syarat khusus untuk bisa menjalani isolasi mandiri di rumah pada kasus cacar monyet dan pasien ini bisa menjamin semuanya dapat terpenuhi," kata Ketua Satgas Monkeypox PB IDI, dr Hanny Nilasari, Sp.KK.

 BACA JUGA:Apa Benar Virus Cacar Monyet Bisa Bertahan pada Benda yang Disentuh Pasien?

Perlu diketahui, kondisi pasien pertama saat ini sudah membaik sekalipun masih dalam pantauan petugas kesehatan karena gejala klinis belum sepenuhnya membaik. Hingga hari ini, diperkirakan pasien sudah menjalani isolasi mandiri selama 15 hari.

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)

1
1