Share

Update Cacar Monyet, Pasien Pertama Masih Isolasi Mandiri

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 30 Agustus 2022 11:28 WIB
$detail['images_title']
Cacar monyet masuk ke Indonesia (Foto:Page goo)

PASIEN pertama cacar monyet Indonesia masih dalam pemantauan petugas kesehatan sekalipun kondisinya dilaporkan sudah sangat baik. Kenapa masih dipantau, padahal kesehatannya sudah pulih?

Menurut informasi yang diterima MNC Portal, lesi cacar monyet di kulit pasien pertama berusia 27 tahun tersebut belum sepenuhnya pulih. Artinya, kulit baru belum tercipta di lesi cacar monyetnya.

 cacar monyet

Alasan itu yang membuat pasien pertama belum bisa menyelesaikan isolasi mandirinya di rumah. Pun petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta masih memantaunya hingga sekarang.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril menjelaskan, bahwa seorang pasien cacar monyet memang tidak bisa begitu saja dikatakan sembuh dari gejala klinis yang dinilai sudah membaik. Ada beberapa indikasi yang membuatnya bisa dikatakan sembuh.

 BACA JUGA:Ada Lesi di Alat Genital, Pasien Cacar Monyet Harus Jalani Tes Sifilis

"Pasien cacar monyet dinyatakan sembuh itu bukan hanya dilihat dari gejala yang membaik, seperti tidak lagi demam atau tidak ada lagi benjolan di kelenjar getah beningnya, tapi juga lesi di kulit sudah terkelupas dan muncul kulit baru di bekas lesi tersebut," papar Syahril saat diwawancarai di Gedung Dr R. Soeharto PB IDI, Jakarta, Selasa (30/8/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

"Ya, mirip dengan jerawat gitu. Jadi, setelah jerawatnya sembuh, kan akan muncul kulit baru seperti kulit normal biasanya," tambahnya menjelaskan bagaimana visual kulit pasien jika dinyatakan sembuh.

Secara teori, diperlukan waktu 21 hari sampai akhirnya penyakit cacar monyet sembuh. Tapi, itu pun akan tergantung bagaimana tubuh pasien melawan virus.

Makanya, penilaian sembuh atau tidak akan dikembalikan lagi di kondisi klinis pasien, apakah masih ada gejala yang dirasakan atau tidak, pun apakah lesi sudah terkelupas dan muncul kulit baru atau tidak.

1
2