Share

Benarkah Hewan Peliharaan Bisa Tertular Cacar Monyet? Ini Penjelasannya

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2022 15:16 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi hewan peliharaan bisa terkena cacar monyet (foto: istimewa)

CACAR monyet menjadi salah satu penyakit yang sedang jadi perbincangan di banyak negara di dunia, salah satunya Indonesia. Meskipun satu pasien pertama cacar monyet Indonesia kondisinya telah membaik, pengawasan terhadap virus monkeypox ini tentu masih dilakukan.

Pasalnya, ternyata cacar monyet tak hanya bisa ditularkan manusia. Faktanya, seekor anjing di Paris, Prancis, dilaporkan tertular cacar monyet dari pemiliknya, menurut laporan pada awal Agustus di jurnal The Lancet.

Hal ini mendorong pemilik hewan peliharaan untuk berhati-hati dan menjaga peliharaannya. Lantas, bisakah hewan peliharaan tertular cacar monyet?

hewan peliharaan terkena cacar monyet

Dikutip dari everydayhealth.com, Senin, (29/8/2022), cacar monyet dapat menular antara hewan dan manusia. Cacar monyet merupakan penyakit zoonosis, artinya penyakit ini dapat menyebar antara hewan dan manusia. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, meski jarang, pengidap cacar monyet dapat menyebarkan virus ke hewan peliharaan mereka melalui kontak dekat.

Misalnya memeluk, mengelus, mencium, menjilat, berbagi area tidur, dan berbagi makanan. Beberapa jenis hewan yang bisa tertular adalah spesies mamalia, termasuk monyet, trenggiling, landak, tupai, tikus, dan anjing. Hingga saat ini, para peneliti masih mempelajari spesies hewan peliharaan mana saja yang bisa tertular cacar monyet, dan bagaimana cara mengetahuinya. Sebab, tidak semua hewan mengalami ruam saat terinfeksi virus.

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk menghindari hewan peliharaan tertular cacar monyet, berikut cara melindungi hewan peliharaan Anda dihimpun dari berbagai sumber, Senin (29/08/2022).

1. Hindari kontak dekat dengan hewan peliharaan.

2. Jangan memakaikan masker pada hewan peliharaan.

3. Pastikan hewan peliharaan tidak bersentuhan dengan barang-barang yang terkontaminasi di rumah seperti pakaian, seprai, dan handuk yang digunakan oleh pengidap cacar monyet.

4. Jangan biarkan hewan terkena ruam, perban, dan cairan tubuh pengidap.

5. Pastikan makanan, mainan, tempat tidur, atau barang lain yang diberikan untuk hewan selama isolasi tidak bersentuhan langsung dengan kulit atau ruam yang terbuka.

(vvn)

1
2