Share

Waduh! Viral Perempuan Muda Kok Menopause?

Vivin Lizetha, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2022 13:29 WIB
$detail['images_title']
Jess Ni Mhaolain, perempuan yang menopause di usia 30 tahun (foto: instagram/@surviving_hysterectomy)

SEORANG perempuan asal Irlandia berusia 30 tahun diketahui mengalami kejadian yang luar biasa. Di mana saat semua orang seusianya tengah menikmati masa-masa subur, ia sudah mengalami menopause.

Tak hanya menopause, perempuan yang diketahui bernama Jess Ni Mhaolain ini juga melakukan tindakan histerektomi. Yaitu operasi pengangkatan rahim. Sebuah hal yang menyedihkan untuk perempuan yang berada pada masa produktif.

 menopause di usia 30

Semua ini bermula dari perjuangan Jess melawan endometriosis saat usia 20 tahun.

"Saya tidak memiliki alasan konkret mengapa saya mulai menopause begitu muda, saya diberitahu itu adalah campuran dari komplikasi endometriosis dan kegagalan ovarium prematur," ungkap Jess dikutip dari dailymail.co.uk, Senin (28/08/2022).

Menurutnya komplikasi itu cukup berat sehingga tidak punya pilihan selain menjalani histerektomi.

"Saya diberi tiga pilihan, tetapi satu-satunya pilihan nyata yang akan memberi saya kualitas hidup terbaik adalah menjalani histerektomi," kisah perempuan cantik ini.

Sementara semua temannya memiliki anak di usianya, Jess harus menerima kondisi yang mengubah hidupnya dan belajar bahwa dia tidak akan mengandung anak kandungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Tak hanya kehilangan rahimnya, Jess juga mengaku merasakan hal yang dialami perempuan menopause pada umumnya. Seperti gelisah, mudah marah, perubahan suasana hati ekstrem, kecemasan, nyeri perut, hingga infeksi ginjal.

  

"Tubuh saya terasa seperti jauh lebih tua dari saya dan itu adalah perasaan yang mengerikan ketika Anda baru berusia 30 tahun," ungkapnya.

Saat ini ia mulai mencoba bangkit dengan melakukan berbagai kegiatan. Terutama mengedukasi perempuan tentang penting menjaga kesehatan rahim. Jess mendidik publik melalui media sosialnya, menjelaskan apa yang terjadi selama menopause serta bagaimana hal itu tidak hanya mempengaruhi wanita di usia 50-an saja. Tetapi dapat terjadi di usia muda. Untuk itu, penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan kesehatan rutin sebagai langkah preventif.

  

(vvn)

1
2